Minggu 01 Januari 2023, 20:46 WIB

Hujan Disertai Angin Kencang di Flotim Sebabkan Puluhan Rumah Rusak Parah

Fransiskus Gerardus | Nusantara
Hujan Disertai Angin Kencang di Flotim Sebabkan Puluhan Rumah Rusak Parah

Metrotv/Fransiskus Gerardus
Rumah warga rusak tertimpa pohon akibat hujan dan angin kencang di Flores Timur, NTT

 

HUJAN deras disertai angin kencang, yang melanda Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak Sabtu (24/12) menyebabkan puluhan rumah warga rusak tertimpa pohon. Selain itu, sejumlah fasilitas umum juga mengalami kerurusakan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tetapi kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Peristiwa nahas itu kemudian terjadi pada Minggu (1/1) pukul 06.00 WITa kala guyuran hujan sertai angin kencang, yang terjadi sejak sejak pagi sebelumnya hingga malam hari, dalam sekejap merubuhkan pohon di Kota Larantuka maupun di wilayah Kepulauan Adonara dan Solor.

Tidak hanya bangunan rumah yang rusak namun juga sejumlah fasilitas umum, misalnya jaringan listrik. Signal ponsel pun hilang. Karenanya, warga di sekitar diimbau untuk terus waspada terhadap potensi angin kencang, serta longsor, khususnya warga yang tinggal di kaki gunung maupun di bantaran sungai.

Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Alam sudah terjun ke lokasi mendata kerusakan sementara korban diarahkan untuk bertahan di rumah keluarga.

Penjabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi, melalui Plt Kalak BPBD Flores Timur Eduard J Fernandez mengatakan, saat ini, Tim BPBD sedang melakukan pendataan di sejumlah titik bencana di Kota Larantuka. Data sementara yang dihimpun, puluhan rumah warga tertimpa pohon besar.

Ia mengimbau seluruh Kepala Desa, Lurah dan Camat agar melakukan pemantauan, pendataan, dan penanganan serta melakukan pelaporan kepada Satgas Bencana di Kantor BPBD Flores timur. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA

PLN Putus Sambungan Listrik Kantor Bupati Kepulauan Tanimbar

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:57 WIB
PLN unit layanan pelanggan (ULP) Saumlaki, Maluklu melakukan pemutusan jaringan listrik yang mengaliri kantor bupati Kepulauan Tanimbar,...
Ist

Relawan Puan Sosialisasikan Kelor sebagai Pencegah Stunting di Sukabumi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:49 WIB
Kegiatan melawan stunting di Desa Pabuaran diadakan berkat kerja sama HaloPuan dengan kader PDI Perjuangan sekaligus Anggota DPRD Kabupaten...
DOK MI.

Polres Padang Panjang Tetapkan Sopir Truk Tersangka Kecelakaan Beruntun

👤Gusri Elfaishal 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:48 WIB
Satu hari pascakecelakaan beruntun yang menewaskan tiga pengendara, Kepolisian Resort Padang Panjang menetapkan Novriaggani, 47, sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya