Jumat 30 Desember 2022, 23:06 WIB

Cuaca Ekstrem, Nelayan Bengkulu Alih Profesi

Marliansyah | Nusantara
Cuaca Ekstrem, Nelayan Bengkulu Alih Profesi

ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas
Ilustrasi kapal nelayan tak melaut karena gelombang tinggi

 

CUACA ekstrem yang belakangan melanda Provinsi Bengkulu membuat sebagian nelayan yang tersebar di tujuh kabupaten/kota beralih profesi hingga Selasa (3/1) pekan depan.

Ujang, salah satu nelayan di Desa Pondok Kelapa, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, mengatakan, sebagian nelayan beralih profesi akibat cuaca ekstrem.

"Selama sepekan ke depan sebagian nelayan beralih profesi menjadi tukang, upah dodos sawit dan memperbaiki jaring," kata Ujang.

Selama berhenti melaut, lanjut dia, sebagian nelayan memperbaiki alat tangkap dan menjadi tukang bangunan serta bekerja di kebun sawit untuk mendapatkan upah dodos.

Nelayan tidak berani melaut setelah gelombang tinggi di perairan Bengkulu mencapai empat meter sehingga membahayakan keselamatan. Ketujuh kabupaten/kota itu yakni Mukomuko, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur dan Kota Bengkulu.

Baca juga: Nelayan Bengkulu Istirahat Melaut Akibat Cuaca Ekstrem

Perairan Bengkulu, yang langsung berhadapan langsung ke Samudera Hindia, menjadi sangat berbahaya ketika badai.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pulau Baai, Bengkulu, mengimbau agar nelayan untuk sementara tidak melaut karena cuaca buruk yakni adanya gelombang tinggi di Perairan Pulau Enggano Bengkulu.

Untuk saat ini nelayan dan kapal tongkang diminta tidak berlayar di perairan Bengkulu atau tidak melaut mencari ikan. Selain itu, adanya labilitas udara yang cukup kuat di atmosfer Bengkulu, sehingga dapat menyebabkan potensi pembentukan awan hujan.(OL-5)
 

Baca Juga

ANTARA

PLN Putus Sambungan Listrik Kantor Bupati Kepulauan Tanimbar

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:57 WIB
PLN unit layanan pelanggan (ULP) Saumlaki, Maluklu melakukan pemutusan jaringan listrik yang mengaliri kantor bupati Kepulauan Tanimbar,...
Ist

Relawan Puan Sosialisasikan Kelor sebagai Pencegah Stunting di Sukabumi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:49 WIB
Kegiatan melawan stunting di Desa Pabuaran diadakan berkat kerja sama HaloPuan dengan kader PDI Perjuangan sekaligus Anggota DPRD Kabupaten...
DOK MI.

Polres Padang Panjang Tetapkan Sopir Truk Tersangka Kecelakaan Beruntun

👤Gusri Elfaishal 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:48 WIB
Satu hari pascakecelakaan beruntun yang menewaskan tiga pengendara, Kepolisian Resort Padang Panjang menetapkan Novriaggani, 47, sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya