Rabu 28 Desember 2022, 22:55 WIB

Pohon Tumbang Tutup Jalan Nasional Penghubung Lebak-Sukabumi

mediaindonesia.com | Nusantara
Pohon Tumbang Tutup Jalan Nasional Penghubung Lebak-Sukabumi

DOK.MI
Ilustrasi

 

HUJAN deras disertai angin kencang menyebabkan pohon berukuran besar di Kampung Ciwaru, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tumbang menutup ruas jalan nasional yang menghubungkan Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, dengan Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (28/12).
 
"Pohon yang tumbang di Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, ini jenis kelewih dengan diameter sekitar 60 sentimeter (cm) dan tinggi 15 m. Kejadiannya sekitar pukul 20.30 WIB dan tidak ada korban jiwa," kata salah seorang warga setempat Supriyadi di Sukabumi, Rabu.
 
Informasi yang dihimpun dari warga, akibat pohon tumbang ini tidak hanya menutup akses jalan utama dan tidak bisa dilalui kendaraan baik dari Cisolok menuju Lebak maupun sebaliknya, tetapi juga memutus jaringan listrik di Kecamatan Cisolok serta Cilongrang, Lebak.
 
Akibatnya, listrik padam di sebagian wilayah di Kecamatan Cisolok dan Cilongrang, bahkan hingga pukul 21.00 WIB listrik belum juga menyala. Petugas penanggulangan bencana bersama warga kesulitan mengevakuasi batang pohon yang melintang di tengah jalan ditambah hujan deras masih mengguyur lokasi kejadian.
 

Baca juga: Data Terbaru BPBD: 3.344 Rumah Terdampak Banjir di Makassar


Menurut Supriyadi, selain pohon tumbang, satu tiang listrik ikut roboh dan batang pohon itu pun menimpa warung milik warga yang saat kejadian warung tersebut dalam keadaan kosong.
 
Sementara, Kepala Dusun 3 Cikahuripan Yuli Kusworo mengatakan kejadian pohon tumbang ini merupakan yang kesekian kalinya, bahkan belum lama tidak jauh dari lokasi juga terjadi hal yang sama. Meski tidak ada korban jiwa, jalan itu hingga kini belum bisa dilalui kendaraan
khususnya mobil, truk dan sejenisnya.
 
Pihaknya pun meminta kepada instansi terkait atau berwenang untuk segera melakukan penertiban terhadap sejumlah pohon yang tumbang, karena di sekitar lokasi masih banyak pohon berukuran besar yang rawan tumbang dan kondisinya sudah tua serta keropos. (Ant/OL-16)
 

Baca Juga

MI/DJOKO SARDJONO

Bupati Klaten Sri Mulyani Sambangi Pasar, Cek Harga Kebutuhan Pokok

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:18 WIB
Minyak goreng bersubsidi Minyak Kita langka di pasar. Sedangkan minyak goreng isi ulang dijual Rp16 ribu atau di atas HET Rp14 ribuper...
DOK/SUTAN RAJA HOTEL

Rayakan Hari Valentine Bernuansa Bali di Sutan Raja Hotel Bandung

👤Media Indonesia 🕔Selasa 07 Februari 2023, 20:50 WIB
Makan malam akan berlangsung pukul 19.00 WIB-21.00 WIB diiringi live music performance dan set meja makan malam yang...
Antara.

Airlangga Hartarto dan Gibran Resmikan Pembaruan Solo Technopark

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 20:48 WIB
Salah satu langkah yang diambil untuk mendukung kota pintar tersebut di Solo ialah dengan menghadirkan ruang publik kreatif bernama Solo...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya