Rabu 30 November 2022, 17:41 WIB

Pemkab Klaten Luncurkan Program Gong Ceting

Djoko Sardjono | Nusantara
Pemkab Klaten Luncurkan Program Gong Ceting

MI/Djoko Sardjono
Peluncuran program Gotong Royong Cegah Stunting (Gong Ceting) di Pendapa Agung Pemkab Klaten, Rabu (30/11).

 

PENGENTASAN stunting harus dilakukan secara terpadu, serta butuh komitmen kuat dari stakeholders. Hal itu dikatakan Bupati Klaten Sri Mulyani saat meluncurkan program Gotong Royong Cegah Stunting (Gong Ceting) di Pendapa Agung Pemkab Klaten, Rabu (30/11).

"Stunting merupakan salah satu masalah besar saat ini. Maka, untuk  pengentasan dibutuhkan keterlibatan semua pihak yang ada di Klaten," kata Bupati.

Tanpa komitmen dan kemauan kuat, lanjutnya, gerakan kita untuk menyelamatkan generasi bangsa dari ancaman stunting itu akan menjadi sia-sia.

Berdasarkan data studi strategis, preferensi stunting di Provinsi Jawa Tengah, yakni sebesar 20,9 persen. Sedangkan di Kabupaten Klaten 15,8 persen. Adapun data menurut hasil penimbangan serentak pada Agustus 2022, preferensi stunting Kabupaten Klaten turun 5,1 persen menjadi 10,7 persen.

"Kami berharap melalui program Gong Ceting dapat menurunkan angka  stunting secara nasional, termasuk di Kabupaten Klaten," ujar Bupati Sri Mulyani.

Program Gong Ceting yang diluncurkan ini merupakan kerja sama BKKBN Jawa Tengah dengan Dinsos P3AKB Klaten, dan dua perguruan tinggi di Solo. Dalam pencanangan Gong Ceting, diserahkan bantuan peningkatan gizi untuk 100 anak, serta bantuan desa Bunda Asuh Anak Stunting kepada 10 anak. Di acara yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah, Widwiyono, mengukuhkan Bupati Sri Mulyani sebagai Bunda Asuh Anak Stunting Klaten. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA

Pemkab Banyumas Akan Sanksi Pedagang Yang Jual Beras Di Atas HET

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 30 Januari 2023, 18:50 WIB
PEMKAB Banyumas dan Bulog Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) terus  menggelontorkan beras dalam operasi pasar (OP) di sejumlah pasar...
MI/Benny Bastiandy

Kasus Tabrak Lari Mahasiswi, Polres Cianjur Tahan Pengemudi Audy

👤Benny Bastiandy 🕔Senin 30 Januari 2023, 18:46 WIB
POLRES Cianjur, Jawa Barat, menahan SGG, tersangka kasus dugaan tabrak lari yang menewaskan Selvi Amalia Nuraeni, mahasiswi Fakultas Hukum...
DOK MI

Sumsel Mulai Siap Lakukan Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua

👤Dwi Apriani 🕔Senin 30 Januari 2023, 18:31 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sudah siap untuk melakukan vaksinasi Covid-19 booster kedua atau dosis keempat untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya