Senin 28 November 2022, 14:32 WIB

Sungai Meluap, Banjir Bandang kembali Terjang Pati dan Grobogan

Akhmad Safuan | Nusantara
Sungai Meluap, Banjir Bandang kembali Terjang Pati dan Grobogan

Antara/Arton.
Warga melintasi jalan yang tergenang banjir di Desa Sembaturagung, Jakenan, Pati, Jawa Tengah, Sabtu (15/10/2022).

 

BANJIR bandang kembali menerjang Kabupaten Pati dan Grobogan, Jawa Tengah. Beberapa desa terendam hingga ketinggian air capai 75 sentimeter tetapi tidak sampai terjadi pengungsian.

Pemantauan Media Indonesia, Senin (28/11), ratusan warga beberapa desa di Kabupaten Pati dan Grobogan sejak pagi melakukan pembersihan sampah dan lumpur. Ini akibat hujan lebat mengguyur pada Minggu (27/11) petang sehingga beberapa sungai meluap dan banjir bandang melanda kawasan itu.

Di Kabupaten Pati, banjir bandang terjadi akibat Sungai Kesapen dan Sungai Gesik di Desa Wegil, Kecamatan Sukolilo, meluap hingga merendam kedua desa. Banjir juga menggenangi jalan Raya Sukolilo-Prawoto hingga ketinggian 50 sentimeter.

Sedangkan di Kabupaten Grobogan, akibat diguyur hujan lebat selama beberapa jam, empat desa di empat kecamatan terendam banjir setinggi 75 sentimeter. Daerah itu yakni Kelurahan Purwodadi (Kecamatan Purwodadi), Desa Boloh (Kecamatan Toroh), Desa Kronggen (Kecamatan Brati), dan Desa Keyongan (Kecamatan Gabus).

"Banjir akibat drainase tidak lancar juga merendam puluhan rumah dan sekolah di empat desa tersebut," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan Endang Sulistyoningsih. Banjir mulai menerjang pada petang, lanjut Endang Sulistyoningsih, tetapi mulai surut pada malam di ruas jalan dan permukiman warga, meskipun puluhan hektare sawah hingga siang ini masih terendam dengan ketinggian air 30-50 sentimeter.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Pati Martinus Budi Prasetyo secara terpisah mengatakan banjir bandang melanda kawasan ini terjadi akibat curah hujan tinggi. Akibatnya, air Sungai Kesapen dan Sungai Gesik di Desa Wegil, Kecamatan Sukolilo, meluap. "Jalan penghubung antarkecamatan yakni Jalan Raya Sukolilo-Prawoto sempat terputus akibat terendam banjir itu, tetapi tengah malam sudah dapat dilalui setelah air kembali surut," ujar Martinus Budi Prasetyo.

Meskipun petugas gabungan telah siaga di wilayah tersebut sejak banjir datang pada petang, demikian Martinus Budi Prasetyo, tetapi tidak sampai ada pengungsian. Tidak ada pula korban jiwa dalam bencana alam tersebut. (OL-14)

Baca Juga

MI/Ramdani

Meresahkan, Geng Motor di Sukabumi Diberantas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 08:00 WIB
Banyak pengaduan dari masyarakat merasa resah dengan keberadaan berandal bermotor...
Antara Foto/ Jojon

Gubernur Sulteng Bertemu Menteri Bahlil Bahas Peluang Investasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 07:00 WIB
Membahas sejumlah investasi di Sulawesi Tenggara terus dimatangkan untuk mendorong investasi yang inklusif dan...
Antara/Syifa Yulinnas

Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat Kerja Sama Wujudkan Tol Laut

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 06:00 WIB
Tol laut sebagai upaya meningkatkan perekonomian kedua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya