Minggu 20 November 2022, 18:07 WIB

Inflasi Di Cianjur Naik Jadi 4,9%

Benny Bastiandy | Nusantara
Inflasi Di Cianjur Naik Jadi 4,9%

ANTARA
Ilustrasi

 

ANGKA laju inflasi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berada pada level 4,9%. Berbagai upaya pun dilakukan pemerintah daerah setempat agar grafik inflasi tidak terus meningkat.

Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Thoyib mengatakan sebetulnya laju inflasi Kabupaten Cianjur tak bisa dilepaskan dari Sukabumi karena merupakan gabungan. Namun dari data yang dihimpun, kata Budi, hingga akhir Oktober tahun ini angka berada pada kisaran 4,9%. "Tentu kita ingin laju inflasi ini bergerak di bawah angka 4%," kata Budi dihubungi, Minggu (20/11).

Budi optimistis di tengah fenomena krisis saat ini target menekan angka laju inflasi bisa tercapai. Terlebih, sebutnya, angka laju inflasi Kabupaten Cianjur pernah berada pada level 2%. "Inflasi itu disebut stabil jika berada di bawah 4%," ucap Asisten Daerah II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Cianjur ini.

Sebelumya, kata Budi, inflasi Kabupaten Cianjur berada pada angka 3,4%. Namun dampak naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) belum lama ini memengaruhi fluktuasi inflasi.

"Terakhir kita ada di angka 3,4%. Nah, setelah ada harga BBM naik, laju inflasi naik. Tapi kita tidak sendiri karena bergabung dengan Sukabumi," katanya.

Berbagai cara dilakukan untuk mengendalikan laju inflasi. Satu di antaranya kegiatan Gelar Pangan Murah yang bulan ini sudah dilaksanakan dua kali. 

"Rencananya Gelar Pangan Murah akan dilaksanakan tiga kali. Terakhir nanti akan dilaksanakan di selatan untuk menjangkau masyarakat di sana," ucapnya.

Pemkab Cianjur meyakini kegiatan Gelar Pangan Murah bisa menstabilkan harga dan pasokan komoditas pangan. Pasalnya, harga yang ditawarkan beragam komoditas relatif cukup murah dibanding di pasaran.

"Ini karena kita fasilitasi langsung para produsen dengan pembeli atau masyarakat. Jadi dari segi harga relatif terjangkau atau murah," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

dok.korlantas

Jelang Libur Nataru, Korlantas Polri Cek Kesiapan Pos Operasi Lilin 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 23:17 WIB
KORLANTAS Polri bersama rombongan mengecek kesiapan Operasi Lilin 2022 jelang Libur Nataru, di Pos Lantas Cikopo, Jabar dan Pos Terpadu...
MI/DEWA EKA PRAYOGA FOUNDATION

DeEP-F Bangun Hunian Sementara Terintegrasi Untuk Korban Gempa Cianjur

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:10 WIB
Huntara Jannati memberikan fasilitas hunian sementara, lengkap dengan makanan siap saji, bimbingan keimanan dan bantuan pemberdayaan...
MI/BAYU ANGGORO

Garda Pemuda NasDem Jawa Barat Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:05 WIB
GP NasDem memberikan bantuan untuk para korban gempa bumi di kabupaten Cianjur sebagai bagian dari tanggung jawab...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya