Jumat 18 November 2022, 22:33 WIB

BPBD: Tidak Ada Kerusakan akibat Gempa Dangkal di Pulau Enggano

mediaindonesia.com | Nusantara
BPBD: Tidak Ada Kerusakan akibat Gempa Dangkal di Pulau Enggano

DOK.MI
Ilustrasi

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, menyebutkan terjadi gempa susulan sebanyak dua kali di Pulau Enggano dengan magnitudo 4,7 dan magnitudo 5,6.

"Kondisi di Pulau Enggano aman dan tidak ada kerusakan di wilayah
tersebut," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Utara Eka Hendri saat dimintai konfirmasi di Kabupaten Bengkulu, Jumat (18/11).
 
BPBD Kabupaten Bengkulu Utara menyebut tidak ada kerusakan yang terjadi di wilayah Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu usai terjadi gempa dengan kekuatan 6,8 magnitudo.

Ia menyebutkan bahwa masyarakat di Pulau Enggano merasakan gempa yang terjadi, namun tidak panik dan tetap tenang saat terjadi gempa.

Analis Gempa Bumi BMKG Kepahiang Sabar Ardiansyah menyebutkan ada kemungkinan terjadi gempa susulan, namun dengan kekuatan yang lebih kecil.

Oleh karena itu, ia mengimbau agar seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu untuk tidak terpancing dengan informasi atau isu-isu yang tidak bertanggung jawab.


Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 6,8 Guncang Bengkulu, tidak Berpotensi Tsunami


"Gempa bumi di Pulau Enggano tidak berpotensi tsunami dan masyarakat diminta untuk selalu update informasi dari BMKG," ujarnya.

Diberitakan, gempa bumi tektonik dengan magnitudo 6,8 berada di koordinat 4.88 Lintang Selatan, 100,65 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 187 kilometer arah Barat Laut Pulau Enggano dengan kedalaman 10 km.

BMKG menyebutkan gempa tersebut disebabkan karena aktivitas subduksi Lempeng IndoAustralia ke Lempeng Eurasia.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu Anang Anwar menjelaskan bahwa sering terjadinya gempa dengan kekuatan kecil di wilayah Bengkulu menyebabkan pelepasan energi di lempeng bumi akan terjadi terus menerus, sehingga mengurangi terjadinya gempa berkekuatan besar.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu untuk tidak panik saat terjadi gempa bumi, namun tetap waspada.

Selain itu, selalu mencari informasi terkait gempa kepada sumber yang benar seperti BMKG, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan media yang telah terkonfirmasi kredibilitasnya. (Ant/OL-16)

Baca Juga

Ist

Tangani Anak Korban Gempa Cianjur, Medco Libatkan Relawan Psikososial

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 19:07 WIB
Mereka mengadakan kegiatan melukis, bernyanyi, dan kegiatan permainan lainnya bersama ratusan anak korban gempa di Posko Medco Peduli di...
Ist

PPLIPI dan Women's Pro Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 18:58 WIB
Ketua Umum PPLIPI Indah Suryadharma Ali mengatakan, pemberian bantuan terhadap korban gempa berupa sejumlah keperluan penting yang bisa...
DOK/ARTOTEL GROUP

Artotel Group Meriahkan Momen Akhir Tahun dengan Menghadirkan Promo Kamar serta F&B

👤Media Indonesia 🕔Selasa 29 November 2022, 18:50 WIB
Untuk promo kamar, para tamu dapat menikmati Holiday Mixtape di de Braga by Artotel dengan harga Rp800.000,-nett yang sudah termasuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya