Senin 05 September 2022, 15:57 WIB

Polri Tangkap 66 Pelaku Penimbunan serta Pengoplosan Puluhan Ton BBM Bersubsidi

Khoerun Nadif Rahmat | Nusantara
Polri Tangkap 66 Pelaku Penimbunan serta Pengoplosan Puluhan Ton BBM Bersubsidi

ANTARA FOTO/Kornelis Kaha
Sejumlah drum kapasitas 200 liter dan jeringen kapasitas 35 liter yang berisi Bahan Bakar minyak (BBM) subsidi jenis Solar

 

KEPOLISIAN DAERAH (Polda) Jawa Tengah melakukan pengungkapan penyelewengan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dari berbagai wilayah. Total, ada 66 orang yang tersangka dengan jumalah 50 kasus.

KADIV Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, dari pengungkapan ini setidaknya RP11 miliar lebih potensi kerugian negara diselamatkan.

"Adapun barang bukti yang diamankan yakni solar bersubsidi sebanyak 81,9 ton, pertalite sebanyak 3,2 ton, mobil 38 unit, motor 6 unit, alat komunikasi 9 unit dan tandon kapasitas 1.000 liter sebanyak 40 buah," beber Dedi dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/8).

Diantara 50 kasus ini, terdapat satu kasus yang menjadi perhatian, kasus tersebut terjadi di Kabupaten Kudus. Dalam kasus ini, dua tersangka diamankan salah satunya merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN). Selain itu, 12 ton solar bersubsidi juga diamankan menjadi barang bukti.

Adapun kasus lainnya yang menarik perhatian adalah penyelewengan yang dilakukan oleh ASN di Pekalongan. ASN tersebut bolak balik mengisi penuh tangki mobilnya solar.

Lalu pihak kepolisian mengawasi lalu mengikuti ASN tersebut dan mendapati ternyata ASN tersebut memindahkan solar ke jerigen untuk dijual lebih mahal dengan memanfaatkan kenaikan harga.

"Rata-rata motif para pelaku melakukan penyalahgunaan dan penimbunan BBM bersubsidi untuk mendapatkan keuntungan karena disparitas harga dan lemahnya pengawasan," tambahnya.

Dedi menjelaskan, Polri akan terus melakukan pengawalan dan monitoring terhadap pendistribusian BBM.

"Menempatkan personel Polri di pom bensin dengan tujuan agar masyarakat dapat diberikan pencerahan serta menyikapi secara positif dampak kenaikan harga BBM tersebut selain melakukan pengamanan objek," tutupnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/Bagus Suryo

Kisruh Legalitas Kepengurusan Landa PMI Kota Malang

👤Bagus Suryo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:45 WIB
PALANG Merah Indonesia (PMI) Kota Malang, Jawa Timur, kisruh karena mantan pengurus yang mengatasnamakan Tim Tujuh malayangkan protes atas...
DOK Pribadi.

Lantik Pengurus Babel, Rampai Nusantara Buka Posko Pengaduan BLT

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:04 WIB
Selain sektor pariwisata, Negeri Serumpun Sebalai itu memiliki kekayaan alam melimpah yakni sektor pertambangan yang akan sangat memacu...
MI/Supardji Rasban

Ratusan Peserta Dari Berbagai Daerah Ramaikan Lomba Layang Adu di Tegal

👤Supardi Rasban 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 20:59 WIB
AJANG lomba adu layang-layang Wali Kota Tegal Cup 2022 digelar di Lapangan Kelurahan Debong Tengah, Sabtu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya