Minggu 17 Juli 2022, 21:45 WIB

Penanganan PMK Pada Ternak di DIY Terus Dilakukan

Ardi Teristi | Nusantara
Penanganan PMK Pada Ternak di DIY Terus Dilakukan

ANTARA
Vaksinasi PMK pada hewan ternak.

 

KEPALA Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Sugeng Purwanto menyampaikan penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di DIY terus dilakukan. Selain vaksinasi bagi hewan yang belum terkena PMK, tindakan pengobatan juga dilakukan bagi hewan yang terkena PMK.

Sebanyak 4.800 vaksin yang sudah diperoleh sudah disuntikkan. Sekitar 8.000  vaksin baru sudah datang Kamis (14/7) dan akan segera disuntikkan.

Pihaknya mencatat, sekitar 7.100 sapi perah di DIY yang terpapar PMK dari total 800.000 sapi ternak di DIY. Artinya, sapi ternak di DIY yang terpapar PMK tidak sampai 1 persen. Pihaknya langsung menangani sapi yang terkena PMK agar pertambahan hewan  ternak yang terena PMK tidak terlalu besar.

"Untuk sapi perah, sudah semua (divaksin), saat ini fokus untuk pedaging," kata dia. Vaksinasi diarahkan ke anak sapi yang sehat. Kalau sapi yang sudah tua, vaksin diberikan nanti jika yang muda sudah semua.

Langkah yang dilakukan untuk sapi yang terinveksi PMK adalah segera  mengisolasi hewan-hewan ternak yang telah memiliki gejala awal PMK. "Extra  fooding juga diperlukan. Kami mohon bantuan agar apa yang sudah dilakukan bisa berjalan dengan baik," jelas dia.

Sugeng menyebut, DiY termasuk 19 wilayah yang cukup berat kasus PMKnya. Kalau di Jateng, meskipun yang terkena puluhan ribu ekor, misal 50% saja, angkanya masih bagus karena kabupatennya banyak. "Kalau Jogja, wilayahnya lebih sempit jadi angkanya (persentasenya) besar,"lanjut Sugeng.

Mengenai skema ganti rugi untuk sapi yang mati karena PMK, sampai dengan saat ini belum ada informasi dan tindak lanjut dari pemerintah pusat. Meluasnya wabah PMK tidak mempengaruhi harga daging sapi, yang masih cenderung stabil. (OL-15)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Persiapan Jelang HUT Provinsi Maluku ke-77 Sudah 90 Persen

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:55 WIB
Pelaksanaan rapat paripurna istimewa DPRD Provinsi Maluku dalam rangka HUT Provinsi Maluku ke-77 akan berlangsung pada pukul 14.00 WIT,...
DOK.MI

BPBD: 696 Rumah Warga Medan Terendam Banjir, 2.247 Jiwa Terdampak

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:30 WIB
BPBD juga sempat mengevakuasi 14 korban banjir di dua titik, yakni Jalan Luku, Gang Bersama, Kuala Bekala lima orang terdiri atas dua...
ANTARA

Ribuan Warga Bentangkan Bendera Merah Putih di Pantai Pangandaran

👤Kristiadi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:00 WIB
Kegiatan ini diharapkan menumbuhkan nasionalisme dan menanamkan semangat patriotisme di dada rakyat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya