Jumat 15 Juli 2022, 18:05 WIB

Tanggul Jebol Hanyutkan 25 Rumah di Pati Mulai Diperbaiki

Jamaah | Nusantara
Tanggul Jebol Hanyutkan 25 Rumah di Pati Mulai Diperbaiki

MI/JAMAAH
Pembuatan tanggul darurat di Desa Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati,Jawa Tengah, Jumat (15/7).

 

TANGGUL sungai jebol di Desa Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, akibat banjir bandang yang menerjang pada Kamis (14/7) kemarin. Kini, gerak cepat dilakukan Pemkab Pati bersama TNI, Polri, dan sejumlah relawan tanggap darurat untuk memperbaiki dengan membuat tanggul darurat.

Pantauan Media Indonesia di lokasi Jumat (15/7), sejak pagi petugas TNI, Polri, dibantu sejumlah relawan dan warga setempat bergotong royong dengan menggunakan alat berat membersihkan puing-puing sisa material yang dibawa banjir di areal permukiman warga yang terdampak banjir bandang.

Sebagian gotong royong memperbaiki kondisi tanggul dengan membuat tanggul darurat dari karung yang diisi dengan pasir dan tanah. Pemandangan serupa juga terjadi di Desa Tunjungrejo.

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dalam tinjauannya ke lokasi mengatakan pembuatan tanggul darurat kali ini sebagai upaya mengantisipasi terjadinya banjir susulan. Mengingat cuaca akhir-akhir ini belum dapat dipastikan, sehingga gerak cepat Pemkab Pati selain membantu warga juga penanganan kondisi tanggul darurat terlebih dahulu.

"Kita sudah koordinasi dengan BBWS akan dilakukan dengan maksimal dan bekerja sama dengan Dinas PUPR Kabupaten Pati juga, ini dibantu kepolisian, TNI, dan masyarakat bahu membahu bekerja sama buat tanggul darurat ini," kata Saiful Arifin sesaat meninjau tanggul, Jumat siang.


Baca juga: Gunung Anak Krakatau Siaga, Warga Dilarang Mendekati Kawah


Adapun tanggul yang harus segera diperbaiki yaitu sepanjang 24 meter. Pihaknya pun memastikan dalam waktu dekat akan rampung agar dapat melakukan penanganan lainnya yang terdampak banjir bandang.

Sementara dari rumah warga yang hanyut tersapu banjir, sebagian warga terpaksa mengungsi di Balai Desa Bulumanis Kidul sebagai tempat
pengungsian. Sedangkan sebagian lainnya memilih mengungsi di rumah kerabat terdekat. Total warga yang mengungsi dirumah kerabat terdekat didata mencapai 87 jiwa.

"Tadi habis dari pengungsian, jadi sebagian di balai desa tadi ada 6 keluarga saja, tetapi sebagian lain di keluarga dekat," Wabup.

Dari Desa Tunjungrejo terdapat 57 jiwa memilih mengungsi di rumah kerabat terdekat. Hingga kini, pihak terkait masih melakukan pendataan lebih lanjut dari jumlah warga terdampak hingga rumah hanyut tersapu oleh banjir bandang.

Diberitakan sebelumnya, Kamis (14/7) banjir bandang kiriman dari wilayah Pegunungan Muria melanda wilayah di Kabupaten Pati dan Kudus.

Dampak banjir terparah berada di wilayah Kecamatan Margoyoso, Pati, karena berada di bantaran sungai. Sebanyak 25 rumah warga di dua desa hanyut tersapu derasnya banjir bandang. Beruntung dalam insiden tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. (OL-16)

 

Baca Juga

MI/HO

Ulama di Cirebon Doakan Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 03:02 WIB
ribuan orang yang hadir juga memanjatkan doa dipimpin oleh Kyai Abdul Munif untuk Ganjar Pranowo serta harapannya bagi Indonesia yang...
DOK MI

Siswi SMP Korban Kekerasan Seksual Di Pati Dalam Tahap Pemulihan

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:55 WIB
MENTERI Sosial Tri Rismaharini menyampaikan siswi SMP berinisial N (15 tahun) di RSUD Soewondo, Pati, Jawa Tengah yang menjadi korban...
ANTARA

Sumut Tata Situs Benteng Putri Hijau di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara melakukan penataan situs Benteng Putri Hijau sebagai upaya pelestarian cagar budaya dan pengembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya