Selasa 12 Juli 2022, 16:14 WIB

Ganjar Ingatkan Pengusaha Tambang Taat Peraturan, Terutama soal Perizinan

Mediaindonesia.com | Nusantara
Ganjar Ingatkan Pengusaha Tambang Taat Peraturan, Terutama soal Perizinan

Dok. Pemprov Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan, para pengusaha tambang untuk menghindari perilaku suap terkait izin pertambangan. Menurutnya, izin pertambangan adalah hal yang paling rawan tindak pidana dalam praktik pertambangan.

Hal itu diungkapkan Ganjar saat menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelayanan Usaha Mineral dan Batubara bersama Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Jawa Tengah di Gets Hotel, Semarang pada Selasa (12/7). 

"Kita tunjukkan bahwa izinnya ngga pake duit ini. Karena ini rawan. Izin pertambangan itu rawan suap, dan sudah berapa yang ditangkap karena izin pertambangan. Itu yang paling penting," kata Ganjar kepada peserta.

Pada kesempatan itu, Ganjar menyampaikan sebenarnya lebih banyak pengusaha tambang taat aturan dari yang menyalahi aturan. Ganjar yakin, pengusaha tambang yang taat aturan bisa menjadi contoh baik terkait perizinan tambang.

Tak hanya itu, Ganjar juga memperingatkan para pengusaha tambang mineral dan batubara yang masih menyalahi aturan untuk taubat bersama-sama.

Baca juga : Ganjar Ingatkan Kepala Sekolah Tidak Korupsi, Jika Melanggar Langsung Dicopot

"Maka, ayolah tobat-tobat bareng. Karena banyak pelaku-pelaku penambang yang sudah bagus. Dan yang sudah bagus bisa kita jadikan contoh untuk mereka bisa menyampaikan," ucap Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar menginginkan dalam bimtek yang diselenggarakan itu bisa membina dan mengajarkan pengusaha tambang ihwal dampak lingkungan, cara pengangkutan dan cara menambang yang baik dan sesuai regulasi.

Jika semua pengusaha tambang bisa mengikuti itu dengan teratur, Ganjar optimistis dampak sektoralnya juga akan berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

"Saya pengen dalam konteks pembinaannya itu satu, tata ruangnya baik, cara ngangkutnya baik, cara nambangnya baik, regulasi semua diikuti. Kalau itu terjadi, maka kita akan naik kelas. Lingkungan terjaga, suplai untuk pembangunan bisa terjaga," ungkap Ganjar.

"Kalo momentum ini bisa kita pake untuk bareng-bareng memperbaiki, maka akan bagus," sambung Ganjar. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/Sumaryanto Bronto

Pemprov NTT Tunda Kenaikan Tarif ke Komodo dan Padar

👤Palce Amalo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:16 WIB
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menunda penerapan tarif masuk ke Pulau Padar dan Pulau Komodo sebesar Rp3.750.000 per...
Ist

Turunkan Angka Stunting, Pemkot Tomohon Optimalisasi Peran Nakes

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 07:37 WIB
Prevalensi nagka stunting Kota Tomohon sendiri berada di angka 18,3%. Secara nasional, pemerintah menentukan target prevalensi...
MI/HO

Ulama di Cirebon Doakan Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 03:02 WIB
ribuan orang yang hadir juga memanjatkan doa dipimpin oleh Kyai Abdul Munif untuk Ganjar Pranowo serta harapannya bagi Indonesia yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya