Rabu 15 Juni 2022, 04:30 WIB

Jelang Keberangkatan, Jemaah Calon Haji Pidie Diimbau Isolasi Diri

Amiruddin Abdullah Reubee  | Nusantara
Jelang Keberangkatan, Jemaah Calon Haji Pidie Diimbau Isolasi Diri

MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE
Ilustrasi--Manasik haji anak TK di halaman Masjid Al Falah Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh, beberapa waktu lalu.

 

MENJELANG keberangkatan ke Tanah Suci, para jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, diimbau mengisolasi diri dan tidak beraktivitas di luar rumah. Sebanyak 155 jemaah yang akan berangkat pada Kamis (16/6) itu diharapkan menjaga stamina dan kebugaran tubuh mereka.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pidie, Abdullah AR, kepada Media Indonesia, Selasa (14/6) mengatakan setiap jemaah harus serius menjaga kesehatan fisik mereka. Mereka juga harus benar-benar fokus mempersiapkan diri supaya lebih kuat dan tidak cepat lelah saat beraktivitas ibadah di Tanah Suci.

Apalagi, pada puncak haji tahun ini, suhu udara di Arab Saudi diperkirakan mencapai 50 derajat celcius. 

Baca juga: Sudah Tiga Orang Jemaah Haji Yang Wafat di Madinah

Agar lebih fokus serta memperoleh kesempurnaan melaksanakan wajib dan rukun haji, tentu perlu menjaga kondisi tubuh dari berbagai keluhan negatif.

"Jangan sampai terkuras tenaga atau kebugaran tubuh saat masih di kampung, tetapi tumbang kala sampai waktu atau saat menunaikan ibadah strategis. Tinggalkan dulu mengurus yang tidak sangkut paut dengan haji, jangan sampai saat terbang hingga waktu pelaksanaan ibadah nanti gagal," tutur Abdullah AR.

Dikatakan Abdullah AR, setiap JCH harus menghindari kontak fisik dengan orang-orang sakit menular atau yang terindikasi sedang terganggu kesehatan. Lalu, jangan mengabaikan prosedur kesehatan mulai sekarang, lebih penting lagi saat berada di Tanah Suci.

Abdullah menambahkan, setiap jemaah juga diminta tidak membawa barang-barang berbahaya dalam penerbangan haji. Lalu, tidak pula membawa barang yang tidak penting dan jangan berlebihan berat sehingga terganggu kenyamanan keberangkatan.

"Kalau barang kebutuhan yang sudah tersedia di sana dan ditanggung oleh penyelenggara, utuk apa membawa dari rumah," pungkas Abdullah. (OL-1)

Baca Juga

MI/Adi Kristiadi

Gempa Guncang Kota Tasikmalaya Warga Berhamburan keluar Rumah

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 04 Desember 2022, 06:46 WIB
GEMPA berkekuatan magnitudo 2,9 guncang Kota Tasikmalaya, Jawa Barat Minggu (4/12) sekitar pukul 04.34 WIB dengan kedalamam 10 km membuat...
DOK/YOUNG LIVING INDONESIA

Young Living Indonesia Sediakan Solusi Alami Essential Oil Untuk Beragam Kebutuhan

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:55 WIB
Young Living menjadi pemimpin produk essential oil di Indonesia berkat kualitas kemurnian yang...
Metro TV/Tantawi Jauhari.

Tim Amankan Delapan Pelaku Pembunuhan Polisi

👤Tantawi Jauhari 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:14 WIB
Satu per satu para pelaku dibawa menggunakan sepeda motor dari lorong permukiman padat penduduk dengan tangan diborgol serta dikawal dua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya