Kamis 09 Juni 2022, 15:37 WIB

Gempa Sulbar: 17 Luka 7 Ribu Warga Mengungsi

Lina Herlina | Nusantara
Gempa Sulbar: 17 Luka 7 Ribu Warga Mengungsi

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Sebuah rumah rusak terdampak akibat gempa bumi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, tahun lalu.

 

GEMPA bumi dengan magnitudo 5,8 di laut pada jarak 26 kilometer arah Barat Tapalang Barat, Mamuju, Sulawesi Barat, menyebabkan kerusakan beberapa bangunan, dan belasan orang terluka dan kurang lebih 7.650 warga Kabupaten Majene mengungsi, Rabu (8/9)

Abdul Muhari, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Kamis (9/6) mengungkapkan, dari laporan yang diterimanya, sejam malam, warga mulai mendirikan tenda darurat menggunakan terpal berwana biru dan oranye di beberapa titik tak jauh dari permukiman mereka, di pelataran Masjid Deking dan di SMK Kota Tinggi.

"Hal serupa juga dilakukan oleh para warga Kabupaten Mamuju karena khawatir terjadi gempa bumi susulan dan potensi ancaman tsunami. Pantauan visual dari lapangan ada tiga titik pengungsian warga yakni di Stadion Mamuju, Kantor Bupati Mamuju dan Kantor TVRI Sulawesi Barat di Mamuju. Jumlah warga yang mengungsi sementara ada sebanyak 7.670 jiwa," urai Muhari.

Baca juga: 39 Warga OKU Timur yang Tergabung NII Kini Sudah Sadar

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat melaporkan sebanyak 17 warga mengalami luka-luka setelah terkena material reruntuhan bangunan Gedung PKK, Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, ketika gempa bumi terjadi. Saat ini, para warga yang terluka telah telah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Mamuju.

Saat ini, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto sudah berada di Kabupaten Mamuju, sebagai wujud respon cepat pemerintah pusat untuk memastikan penanganan darurat bencana gempa bumi yang mengguncang wilayah Provinsi Sulawesi Barat berjalan dengan baik. (OL-4)

Baca Juga

DOK MI

Pemprov Sulteng Minta BKKBN Jadi Ujung Tombak Menangani Stunting

👤M. Taufan SP Bustan 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:22 WIB
Pemprov Sulteng mendorong Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk menjadi ujung tombak dalam penanganan stunting...
MI/Supardji Rasban

BNN Kota Tegal Ringkus Residivis Pengedar Sabu

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 08 Februari 2023, 19:49 WIB
BADAN Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal, Jawa Tengah, meringkus seorang pengedar narkotika golongan 1 jenis sabu berinisial SR alias D,...
MI/Apul Sianturi

EBT Siap Suplai Gelaran Ajang F1 Powerboat di Danau Toba

👤Apul Iskandar 🕔Rabu 08 Februari 2023, 19:40 WIB
PLN Unit Induk Distribusi Sumut terus berbenah dalam persiapan kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) di Balige,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya