Selasa 24 Mei 2022, 17:07 WIB

Cuaca Buruk Diperkirakan Landa Perairan Selatan Jateng DIY

Lilik Darmawan | Nusantara
Cuaca Buruk Diperkirakan Landa Perairan Selatan Jateng DIY

ANTARA
Ilustrasi

 

STASIUN Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk. Dalam dua hari mendatang, ketinggian gelombang di Samudra Hindia sebelah selatan Jateng dan DIY mencapai kisaran 4-5 meter.

Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Sawardi mengatakan bahwa pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur-Selatan. Kecepatannya mencapai berkisar 5-15 knot.
"sedangkan di daerah Indonesia bagian selatan dominan bergerak Timur-Tenggara dengan kecepatan angin 5-20 knot," jelasnya, Selasa (25/5).

Dikatakan Sawardi, dengan kecepatan angin tersebut membuat gelombang di Samudra Hindia sebelah selatan Jateng DIY meningkat. "Prediksinya gelombang tinggi antara 4-6 meter terjadi di selatan perairan Cilacap, Kebumen, Purworejo, Yogyakarta. Karena itulah, kami mengimbau kepada masyarakat untuk waspada, terutama nelayan," ungkapnya.

Menurutnya, perahu nelayan dan tongkang harus waspada, karena gelombang masih tinggi. Berdasarkan prakiraan, kondisi cuaca buruk masih akan berlangsung dalam beberapa hari mendatang. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Polda DIY Tetapkan Dua Tersangka Kasus Kerusuhan Babarsari

👤mediaindonesia,com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 23:10 WIB
Di lokasi kejadian, di Jambusari pada Sabtu (2/7), kata Ade, dua tersangka itu melakukan kekerasan yang mengakibatkan tiga orang...
ANTARA/Basri Marzuki

Pedagang di Kota Palu Tolak Hewan Ternak dari Luar Sulawesi

👤M Taufan S Bustan 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:40 WIB
Ketersedian stok di Kota Palu diakui pedagang masih mencukupi untuk kebutuhan konsumsi dan kebutuhan kurban pada Idul Adha...
MI/Adi Kristiadi

Pengendara Moge Penabrak Anak Kembar hingga Tewas di Ciamis Divonis 4 Bulan

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:35 WIB
MAJELIS hakim Pengadilan Negeri (PN) Ciamis menjatuhkan vonis dua terdakwa pengendara motor gede (Harley Davidson) yang menabrak dua anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya