Kamis 05 Mei 2022, 20:55 WIB

Jalur Puncak Diprediksi Bakal Dipadati Kendaraan Hingga Akhir Pekan

Benny Bastiandy | Nusantara
Jalur Puncak Diprediksi Bakal Dipadati Kendaraan Hingga Akhir Pekan

ANTARA
Ilustrasi

 

SEPEKAN ini volume kendaraan di jalur Cipanas-Puncak, Jawa Barat, diprediksi akan terus mengalami kepadatan. Mereka merupakan wisatawan yang hendak berlibur di sejumlah objek wisata mulai dari Cipanas di Kabupaten Cianjur hingga ke kawasan Puncak di Kabupaten Bogor.

Kapolsek Pacet Komisaris Sosialisman Muhammad Natsir menjelaskan, kepadatan volume kendaraan sebelum Idulfitri 1443 Hijriyah didominasi para pemudik. Begitu juga pada H+1 hingga H+2, masih banyak yang bersilaturahmi ke keluarga.

"Pada H+3, kendaraan didominasi milik wisatawan yang akan berlibur ke sejumlah objek wisata," kata Sosialisman, Kamis (5/5).

Sosialisman memperkirakan kepadatan arus lalu lintas kendaraan wisatawan akan berlangsung hingga akhir pekan nanti. Pasalnya, memasuki pekan depan, sudah banyak pegawai yang harus memulai kembali masuk kerja seusai cuti dan libur panjang Lebaran.

"Nah, kepadatan kendaraan, terutama wisatawan, diperkirakan akan berlangsung hingga 8 Mei 2022. Termasuk dengan masyarakat yang akan melaksanakan arus balik," sebut Sosialisman.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Aris Haryanto menuturkan pada Idulfitri 1443 Hijriyah, Dishub Kabupaten Cianjur mengerahkan sebanyak 80 personel. Mereka akan ikut bergabung bersama anggota Polri dan TNI di setiap posko yang disiapkan. "Sebagian personel BKO di Posko Induk Dishub Kabupaten Cianjur," jelasnya.

Terdapat beberapa jalan alternatif yang nanti akan digunakan para pemudik pada arus mudik ataupun balik Idulfitri 1443 Hijriyah. Titiknya berada di sekitar perbatasan dengan daerah lain.

Misalnya jalur alternatif KH Saleh (Pasar Beas) hingga ke Tungturunan di Kecamatan Sukaluyu yang dipersiapkan sebagai jalur alternatif ke arah Bandung. Sedangkan jalur alternatif menuju ke kawasan Puncak, dari arah Cikalongkulon atau tepatnya di Desa Cinangsi kemudian masuk ke kawasan Mariwati, Kawungluwuk, Kota Bunga, sampai ke Hanjawar.

Aris menuturkan kesiapan jalur alternatif dibarengi juga dengan kemantapan kondisi ruas-ruas jalan yang akan dilalui kendaraan. Sejauh ini kondisi jalannya sudah cukup bagus.

"Jika di ruas jalur utama padat, para pemudik bisa menggunakan jalan alternatif. Insya Allah kondisinya aman," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Kristiadi.

Mobil Pikap Masuk Jurang 10 Meter, Delapan Meninggal Dunia

👤Kristiadi 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:50 WIB
Mobil pikap bernomor polisi E 8393 VJ yang ditumpangi 14 warga Kampung Burujul, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, terjun bebas hingga masuk...
MI/Haryanto

Lampaui Nasional, Ini Resep Ganjar Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Jateng

👤Haryanto 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:45 WIB
BPS Jateng merilis pertumbuhan ekonomi di Jateng mencapai 5,66 persen pada kuartal II tahun 2022. Pertumbuhan ini lebih baik dari angka...
Ist

Sandiaga Uno Jalin Mitra Strategis untuk Majukan Ekonomi di Gampong Ulee Lheue

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:43 WIB
Wisata religi menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong yang datang ke Desa Wisata Gampong Ulee Lheue di Kecamatan Meuraxa, Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya