Rabu 27 April 2022, 20:24 WIB

Petani Sawit Jambi Menangis, Harga TBS Anjlok Tajam

Solmi | Nusantara
Petani Sawit Jambi Menangis, Harga TBS Anjlok Tajam

Antara/Makna Zaezar.
Pekerja mengumpulkan buah kelapa sawit di salah satu tempat pengepul kelapa sawit di Jalan Mahir Mahar, Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

 

PETANI kelapa sawit di Provinsi Jambi menangis. Dalam tiga hari belakangan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang mereka panen jatuh ke bawah Rp1.000 per kilogram. Padahal empat hari sebelumnya harga TBS yang mereka panen masih dihargai di atas Rp3.000-an oleh pedagang perusahaan penampung.

"Terus melorot Pak. Minggu kemarin cuma dihargai Rp1.200. Selasa anjlok lagi hanya dihargai Rp700 sekilogram. Kalau di atas harga itu mereka tidak mau beli," ungkap Maryam, 45, petani sawit Desa Bukit Tempurung, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi, Rabu (27/4).

Maryam mengakui selama ini TBS yang mereka panen dijual melalui pedagang pengumpul. Semenjak ada informasi larangan ekspor CPO, para pedagang pengumpul alias pedagang tengkulak menyampaikan bahwa yang menurunkan harga ialah pihak pabrik penampung.

Baca juga: Cabut Baiat, Ratusan Eks NII Ucapkan Sumpah Setia NKRI

"Kami hanya bisa menangis. Mau tidak mau dilepaslah. Hari nak rayo (Lebaran), banyak kebutuhan," ujar Maryam yang baru saja kehilangan suaminya.

Keluhan serupa juga diungkapkan petani kelapa sawit nonkorporasi di Kabupaten Tebo, Muarojambi,  Batanghari, dan Kabupaten Tanjungjabung Barat. Harga TBS mereka Rabu ini masih di bawah Rp1.000.

Menurut Budi, petani sawit di Kabupaten Tebo dengan penjualan Rp700 per kilogram, hasil bersih buat mereka sebesar Rp400. Sisanya dibagikan kepada tukang panen. "Untuk upah panen satu pikulnya Rp30 ribu. Kalau tidak dipanen buah bakal busuk," ujar Budi. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Chairul Rohman

Sandal Kayu Mahoni dari Tasikmalaya Rambah Pasar Prancis

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:08 WIB
"Sudah sampai Thailand sejak 2015, mereka suka dengan yang menggunakan kain songket. Kita juga ekspor sampai Prancis hingga...
ANTARA/Muhammad Arif Pribadi

Polisi Temukan Puluhan Ternak Terinfeksi PMK di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:55 WIB
Setelah dipastikan tertular PMK, hewan-hewan ternak tersebut kini sudah diisolasi dan ditangani mantri...
dok.ist

Polda DIY Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:53 WIB
POLDA Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membongkar kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis solar, melibatkan HY (37) dan UN (40) warga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya