Selasa 29 Maret 2022, 06:48 WIB

BIN Akselerasi Vaksinasi di DIY, Sambut Tarawih dan Idul Fitri

Agus Utantoro | Nusantara
BIN Akselerasi Vaksinasi di DIY, Sambut Tarawih dan Idul Fitri

dok.ist
BIN DIY mengakselerasi vaksinasi covid-19 di DIY menjelang Ramadan di Gunungkidul, Senin (28/3)

 

AKSELERASI vaksinasi COVID-19, baik dua dosis lengkap maupun booster, menurut Perwakilan Badan Inteligen Negara Daerah (Binda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Kabupaten Gunungkidul, Eko Susilo dibutuhkan untuk mendukung aktivitas masyarakat saat bulan Ramadan dan Idul Fitri 2022.

“Hari ini dan selanjutnya, BIN bersama Dinkes terus menambah volume dan cakupan kegiatan vaksinasi. Kita ingin perlindungan sudah lebih optimal saat Ramadan, dan terus melakukan penyisiran kepada masyarakat yang belum tervaksin lengkap,” kata Eko dikutip, Selasa (29/3).

Eko melanjutkan, guna menjaga kasus Covid-19 tetap terkendali, maka vaksinasi bagi masyarakat yang belum tervaksin lengkap, lansia dan penjagaan ekstra bagi warga komorbid, harus diprioritaskan. Terlebih subvarian Omicron BA.2 yang sudah masuk ke Tanah Air. Subvarian ini diketahui menyebar lebih cepat.

“Khususnya tingkat risiko keterpaparan bagi yang belum vaksin lengkap, lansia, dan warga komorbid,” tuturnya.

Selain percepatan vaksinasi Covid-19 upaya membendung virus agar tidak masuk ke tubuh melalui penerapan disiplin protokol kesehatan juga penting guna mencegah lonjakan kasus COVID-19. Maka itu, Eko meminta masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan (prokes).

“Dengan tetap menjaga prokes serta mempercepat capaian vaksinasi COVID-19. Semoga dengan demikian, tidak terjadi lonjakan kasus pada bulan Ramadan dan Idul Fitri,” ujar Eko.

Realisasi vaksinasi dosis booster di wilayah Kabupaten Gunungkidul, hingga saat ini masih rendah. Data di Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dari total sasaran sebanyak 595. 145 orang, yang telah mendapatkan vaksin booster baru mencapai 41.823 orang atau sekitar 7 persen.

"Kami bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul meningkatkan volume dan cakupan kegiatan vaksinasi. Harapannya, agar tecapai perlindungan yang lebuh optimal pada saat Ramadan mendatang," jelas Eko. (OL-13)

Baca Juga: PLN Harus Selesaikan Masalah Pemadaman di Babel

Baca Juga

Antara

Peternak Apresiasi Langkah Pemerintah Ganti Ternak yang terkena PMK

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:38 WIB
"Saya menyambut baik jika ada program pemerintah mengganti hewan ternak milik petani yang mati karena...
Antara

Pemkab Garut Siapkan Kompensasi Peternak yang Terdampak PMK

👤Kristiadi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 19:59 WIB
Hingga saat ini, terdapat 3.425 ekor ternak bergejala PMK, yang tersebar di 21 kecamatan wilayah Garut. Pemkab terus melakukan pendataan...
Antara

Sleman Mulai Vaksinasi PMK untuk Sapi Perah 

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 19:46 WIB
Adapun vaksinasi PMK diprioritaskan untuk sapi perah. Pasalnya, masa hidup sapi perah lebih lama daripada sapi potong. Serta, menghasilkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya