Jumat 25 Februari 2022, 23:03 WIB

Jasa Raharja Jamin Santunan untuk Korban Kecelakaan Speedboat di Tual 

Mediaindonesia.com | Nusantara
Jasa Raharja Jamin Santunan untuk Korban Kecelakaan Speedboat di Tual 

Dok. Jasa Raharja
Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono

 

JASA Raharja memberikan santunan kepada enam orang korban meninggal dunia dalam kecelakaan speedboat Rajawali 03 di perairan Tanjung Burung Ohoi Waer, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.  

Kecelakaan tersebut melibatkan sebuah speedboat yang berlayar dari Pelabuhan Tual dengan tujuan Banda Eli mengalami kecelakaan setelah berlayar dalam kondisi cuaca buruk. Speedboat yang mengangkut 25 orang penumpang tersebut dihantam gelombang setinggi 5 meter. Sebanyak 6 penumpang meninggal dunia dan 19 lainnya berhasil selamat. 

Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Rivan A Purwantono menyampaikan seluruh korban meninggal dunia kecelakaan speedboat Rajawali 03 di Tual Maluku akan mendapatkan santunan. Ia mengatakan santunan itu sesuai dengan ketentuan Program Perlindungan Dasar Kecelakaan Penumpang Angkutan Umum.  

Jasa Raharja memberikan santunan kecelakaan kepada setiap orang yang meninggal dunia/cacat tetap dan penggantian biaya rawatan akibat kecelakaan yang disebabkan oleh penggunaan angkutan umum. Santunan tersebut berasal dari Iuran Wajib Kapal Laut (IWKL) yang dibayarkan penumpang bersamaan saat membayar ongkos angkut/tiket. 

Baca juga : Pelaku Pemanah Wayer Misterius di Manado Terungkap

Ia mengatakan dengan sistem pelayanan santunan Jasa Raharja yang sudah terintegrasi secara digital dengan rumah sakit, Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri serta integritas petugas, pihaknya telah menyerahkan santunan kepada ahli waris korban yang meninggal dunia. Adapun ahli waris yang sah dari korban meninggal dunia akan mendapatkan santunan sebesar Rp50 juta sesuai ketentuan PMK No 15 Tahun 2017. 

“Sampai dengan Kamis (24/2) seluruh enam orang korban meninggal dunia semua sudah diserahkan santunannya," kata Rivan, melalui keterangannya, Jumat (25/2). 

Rivan memberikan apresiasi atas dukungan dari mitra kerja terkait seperti Dinas Perhubungan, Rumah Sakit dan Ditjen Dukcapil dalam penanganan seluruh korban sejak kejadian, sehingga pihak ahli waris korban dapat dengan cepat menerima santunan. 

“Santunan ini sebagai manifestasi negara hadir dalam setiap kondisi kehidupan masyarakat dan diharapkan akan dapat meringankan beban bagi keluarga kobran, serta sebagai bentuk komitmen Negara melalui Jasa Raharja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di manapun di seluruh wilayah Indonesia," kata Rivan. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/Benny B

Pemkot Sukabumi Komitmen Penuhi Indikator Kota Layak Anak

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:06 WIB
"Kami berharap verifikasi dokumen yang sebelumnya sudah diserahkan terdiri dari 24 indikator dan 5 kluster bisa berjalan dengan...
MI/Amiruddin Abdullah Reubee

USK dan Pemkab Aceh Selatan Kerja Sama Peta Risiko Bencana

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:16 WIB
"Dokumen Kajian Risiko Bencana (KRB) Banjir Aceh Selatan yang akan dibuat ini sepenuhnya untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat...
MI/Seno

Penanganan Stunting Jadi Prioritas Pemprov Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:41 WIB
Berdasarkan data hasil Studi Status Gizi Indonesia pada 2021, prevalensi stunting di Kalsel mencapai 33,08% atau berada pada urutan 6...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya