Senin 21 Februari 2022, 11:45 WIB

Kasus Covid Merangsek Naik, Vaksinasi Dosis Kedua di Sumut Baru 64%

Yoseph Pencawan | Nusantara
Kasus Covid Merangsek Naik, Vaksinasi Dosis Kedua di Sumut Baru 64%

MI/Yoseph Pancawan
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Edy Rahmayadi

 

KASUS baru Covid-19 di Sumatra Utara (Sumut) hingga kini masih merangsek naik, sementara capaian vaksinasi dosis kedua baru menyentuh 64%.

Satgas Penanganan Covid-19 Sumut mencatat jumlah kasus baru di wilayahnya terus mengalami peningkatan dalam seminggu terakhir.

"Penambahan kasus harian per 20 Februari sebanyak 1.934," ungkap Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Edy Rahmayadi, Senin (21/2).

Jumlah itu meningkat hampir dua kali lipat dari minggu sebelumnya yang masih di kisaran 1.000 kasus. Namun lonjakan kasus baru tersebut belum diiringi dengan kecepatan vaksinasi.

Sampai dengan 20 Februari 2020, capaian vaksinasi dosis kedua masih sekitar 64% atau tercatat hanya bertambah sekitar 2% dari pekan sebelumnya. Bila menggunakan data populasi Sumut 2019 yang sebanyak 14,56 juta orang, maka vaksinasi dosis kedua hanya menyasar sekitar 291.200 penduduk dalam seminggu.

Edy juga menyebutkan hingga kini belum separuh dari jumlah kabupaten dan kota di provinsinya memiliki capaian vaksinasi dosis kedua di atas 70%. Mereka yang sudah di atas 70% hanya berjumlah 12 dari 33 daerah.

Bahkan sebelumnya, lima daerah di Sumut kembali berstatus PPKM Level 3. Yakni Kota Medan, Kota Pematangsiantar, Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias dan Kabupaten Langkat.

Edy memastikan provinsinya terus mengebut vaksinasi dosis kedua agar capaiannya dapat segera menyamai dosis pertama. Adapun capaian vaksinasi dosis pertama di Sumut saat ini sudah di atas 90%.

Selain itu Sumut juga melakukan beberapa kebijakan khusus, untuk menekan tren laju kasus baru corona. Di antaranya memfokuskan perawatan pasien terkonfirmasi positif di fasilitas isolasi terpusat (Isoter).

"Langkah ini dilakukan untuk memperkecil paparan kluster dalam keluarga," terang Edy yang juga Gubernur Sumut.

Untuk itu, satgas akan mengaktifkan Isoter di Asrama Haji Medan yang memiliki kapasitas 486 tempat tidur. Satgas meyakini langkah tersebut akan sangat membantu beban rumah sakit rujukan.

Hal itu karena dengan lonjakan kasus yang sedang berlangsung, saat ini tingkat keterisian tempat tidur sudah menembus angka 30%.(OL-13)

Baca Juga: Jumlah Kasus Covid-19 Menurun PTM di Semarang Dilanjutkan

Baca Juga

ANTARA/Andreas Fitri

Gubernur DIY Terima Bintang Tanda Jasa dari Kaisar Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:10 WIB
Tanda jasa itu diserahkan oleh Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji kepada Sri Sultan, disaksikan GKR Hemas bersama...
Dok. Pribadi

Legislator : Puncak Jaya Harus Masuk DOB Papua Pegunungan Tengah, Bukan Papua Tengah

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:52 WIB
Agus menegaskan keputusan tersebut tidak tepat karena secara rentang kendali dan kemudahan akses, Kabupaten Puncak Jaya lebih tepat masuk...
ANTARA

1.400 Sapi Di Kuningan Telah Divaksin PMK

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:05 WIB
RIBUAN sapi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah mendapatkan vaksinasi untuk pencegahan penyakit mulut dan kaki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya