Selasa 08 Februari 2022, 17:24 WIB

Polda DIY Ungkap Sindikat Peredaran Ganja Asal Aceh

Agus Utantoro | Nusantara
Polda DIY Ungkap Sindikat Peredaran Ganja Asal Aceh

MI/Agus Utantoro
Kapolda DIY Irjen Asep Suhendar

 

POLDA Daerah Istimewa Yogyakarta mengungkap sindikat pengedar ganja asal Aceh yang dipasarkan ke berbagai wilayah termasuk DIY. Polisi juga menemukan ladang ganja seluas 2 hektare di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser di Gayo Lues.

"Ladang ganja yang ditemukan berisi 20 ribu pohon ganja berusia 6 bulan dengan tinggi 2 meter. Jika 1 kilogram ganja berisi 10 pohon  ganja, maka hitungan kami total ada 2 ton ganja," kata Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar, Selasa (8/2).

Direktur Reserse Narkoba Polda DIY Kombes Banyu Adhi Joyokusumo menambahkan, biasanya saat dalam masa perawatan itu ada biji-biji ganja yang jatuh dan akan tumbuh menjadi tanaman baru. Tanaman ganja yang ada di hutan Gunung Leuser tersebut dirawat dengan baik dan bisa dipanen setiap 4 hingga 6 bulan sekali.

Terungkapnya mata rantai peredaran ganja dari hulu hingga hilir ini berawal dari tertangkapnya tersangka berinisial DD, RD dan BM di wilayah Kapanewon Depok, Sleman pada Desember lalu. Dari tersangka RD, kata Adhi, polisi menyita menyita 3,5 kilogram ganja, dari DD 2,1 kilogram, dan dari BM seberatr 1,79 gram.

"Ganja dengan berat 1,79 gram ini dari BM dan merupakan ganja siap pakai, sedangkan yang 3,5 dan 2,1 kilogram masih dalam bentuk kemasan," katanya.

Dalam penyelidikan, ada sejumlah ganja yang akan dipasarkan di Jawa Timur dan Bali untuk malam pergantian tahun. Namun belum sampai ke lokasi, polisi sudah menangkap dan menyita barang bukti.

Dari keterangan yang didapat, ganja-ganja tersebut, diperoleh dari seseorang di Deli Serdang, Sumatera Utara. "Jajaran kami ada yang kemudian ke sana dan mendapat tersangka berinisial JU. Dari JU, kami dapatkan 10 kilogram ganja kering," katanya.

Dalam penyelidikan lanjut, diketahui JU mendapatkan ganja tersebut dari seseorang berinisial H alias AGM di Agam, Aceh. "Dalam penggeledahan di kediaman AGM di Aceh Tamiang diperoleh barang bukti ganja kering 82 kilogram yang sudah dikemas, katanya.

Dari AGM, polisi mendapat informasi adanya ladang ganja di Gayo Lues yang ada di hutan milik Taman Nasional Gunung Leuser. Lokasi ladang ganja itu berada di kawasan yang sulit ditembus karena harus melewati hutan dengan berjalan kaki selama beberapa jam. Diperkirakan ganja sitaan ini bernilai tidak kurang dari Rp14 miliar. (OL-15)

Baca Juga

MI/Denny Susanto

Agrowisata Kopi di Kalimantan Selatan Mulai Dilirik

👤Denny Susanto 🕔Minggu 03 Juli 2022, 15:38 WIB
Kedai Biji Kopi Borneo Kalsel menjajaki pembangunan agro wisata berbasis tanaman kopi...
MI/HO

Wali Kota Batam: Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi Permudah Akses Rakyat

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:05 WIB
Menurutnya, kehadiran infrastruktur tidak hanya mampu meningkatkan perekonomian...
Dok. Pribadi

Ribuan Ulama dan Santri di Surabaya Gelar Istighosah Doakan Ganjar Jadi Presiden 2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 13:02 WIB
Menurut Gus Muhdzon, kepemimpinan Ganjar bisa menciptakan kedamaian dan keberkahan bagi segenap masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya