Senin 07 Februari 2022, 11:29 WIB

Jasa Raharja Pastikan Korban Kecelakaan Bus di Bantul Dapat Santunan

Rahmatul Fajri | Nusantara
Jasa Raharja Pastikan Korban Kecelakaan Bus di Bantul Dapat Santunan

ANTARA/Dewangga
Petugas gabungan melakukan evakuasi korban dari lokasi kecelakaan bus di Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta.

 

JASA Raharja memastikan seluruh korban kecelakaan bus di Jalan Mangunan Imogiri, Bantul, Yogyakarta, Minggu (6/2), akan mendapatkan santunan dan biaya perawatan.

Sebelumnya, sebuah bus asal Solo, yang melaju dari arah Dlingo menuju Imogiri, mengalami kecelakaan. 

Kasatlantas Polres Bantul AKP Gunawan Setyabudi mengatakan kecelakaan tersebut diduga disebabkan rem blong dan sopir yang tidak menguasai media. Akibat kecelakaan tersebut, 13 penumpang meninggal dunia dan 27 penumpang lainnya mengalami luka-luka.

Baca juga: Kecelakaan Bus Pariwisata di Bantul Sisakan Kesedihan bagi Masyarakat Mranggen

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono mengatakan pihaknya bersama Satlantas Polres Bantul langsung mendatangi lokasi kejadian dan mendata identitas korban. 

Ia mengatakan petugas Jasa Raharja di Sukoharjo, Jawa Tengah, saat ini, tengah memverifikasi ahli waris korban yang meninggal dunia untuk diberikan santunan. 

Nantinya, para ahli waris korban yang meninggal dunia akan mendapatkan santunan sebesar Rp50 juta.

"Kami harapkan santunan sudah dapat diserahkan dalam waktu 1x24 jam sejak kejadian,” kata Rivan, melalui keterangan resmi, Senin (7/2).

Ia mengatakan untuk penumpang yang mengalami luka-luka, pihaknya telah menerbitkan surat jaminan kepada rumah sakit yang menangani korban, yaitu RS Nur Hidayah Bantul, RS PKU Muhammadiyah Bantul, dan RSUD Panembahan Senopati Bantul. 

Untuk korban luka-luka, seluruh biaya perawatan akan ditanggung Jasa Raharja sampai dengan maksimal Rp20 juta sesuai dengan ketentuan PMK Nomor 15 Tahun 2017.

"Korban tidak perlu khawatir akan seluruh biaya perawatan karena akan ditanggung Jasa Raharja," ujarnya.

Rivan mengatakan seluruh korban kecelakaan meninggal dunia dan luka-luka di Imogiri terjamin oleh Jasa Raharja sesuai dengan Program Perlindungan Dasar Kecelakaan Penumpang Angkutan Umum. 

Jasa Raharja memberikan santunan kecelakaan kepada setiap orang yang meninggal dunia atau cacat tetap dan penggantian biaya perawatan akibat kecelakaan yang disebabkan oleh penggunaan angkutan umum. 

Santunan tersebut berasal dari Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum (IWKBU) yang dibayarkan penumpang bersamaan saat membayar tiket.

Ia mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir, karena sistem pelayanan santunan Jasa Raharja sudah terintegrasi secara digital dengan IRSMS (Integrated Road Safety Management System) Polri, Rumah Sakit, Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, sehingga proses pelayanan dapat tetap dilaksanakan walaupun di hari libur.

"Demikian juga dengan pihak perbankan. Setelah data lengkap akan segera diserahkan melalui mekanisme transfer rekening kepada ahli waris korban kecelakaan untuk memastikan santunan diterima secara utuh dan tepat," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Francisco Carolio

Pemerintah Akan Bangun Tanggul Banjir Rob di Kawasan Belawan

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:58 WIB
PEMPROV Sumatera Utara (Sumut) akan merealisasikan pembangunan tanggul untuk menanggulangi banjir rob yang kerap menggenangi kawasan...
Metro TV/Yohanes Manasye.

Pemkab Manggarai Timur Tanggung Biaya Pengobatan Bayi yang Ditahan RSUD Ben Mboi

👤Yohanes Manasye 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:45 WIB
KELUHAN keluarga Karolina Fatima Keluru, 16, dan Sabinus Jampung, 18, akhirnya sampai ke Pemkab Manggarai Timur...
Dispenad

Langkah Strategis KSAD Manfaatkan Lahan Tidur

👤Media Indonesia 🕔Senin 04 Juli 2022, 21:45 WIB
PROGRAM ketahanan pangan sudah menjadi domain banyak pihak karena posisi tersebut sangat strategis untuk mewujudkan swasembada pangan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya