Kamis 27 Januari 2022, 12:22 WIB

Cuaca Buruk, Taman Nasional Kelimutu Ditutup Dua Hari

Basuki Eka Purnama | Nusantara
Cuaca Buruk, Taman Nasional Kelimutu Ditutup Dua Hari

MI/SUMARYANTO
Foto udara Danau Kelimutu di Taman Nasional Kelimutu, Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

KAWASAN Wisata Taman Nasional (TN) Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) ditutup untuk sementara waktu dampak dari cuaca buruk yang terjadi di daerah itu.

Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu Hendrikus Rani Siga, Kamis (27/1), mengatakan penutupan sementara itu hanya berlaku dua hari.

"Jadi hanya berlaku dua hari yakni mulai Kamis (27/1) hari ini sampai dengan Jumat (28/1) besok," katanya melalui pesan singkat Whatsapp.

Baca juga: IKIPMU Beri Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi 1.000 Guru di Sikka Gratis

Ia menjelaskan penutupan kawasan itu memperhatikan surat dari Deputi Meteorologi, BMKG pada 26 Januari 2022 perihal peringatan Dini Cuaca, karena adanya bibit siklon tropis 91 W di Laut Sulu.

Hal itu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit Siklon salah satunya di kawasan TN Kelimutu yang berujung pada hujan deras disertai kilat dan angin kencang.

Hendrikus mengatakan pihaknya tidak ingin terjadi sesuai yang tidak diinginkan saat wisatawan berwisata di lokasi itu karena cuaca buruk yang terjadi di lokasi itu.

Apalagi, berdasarkan kondisi tersebut dan hasil pengamatan petugas di lapangan, telah terjadi hujan disertai angin kencang di Kawasan TN Kelimutu sehingga berpotensi membahayakan keselamatan pengunjung.

Ia mengatakan penutupan kawasan wisata itu hanya berlaku sampai dengan Jumat (28/1) besok. Tetapi pihaknya akan tetap melihat kondisi di lapangan.

Jika cuacanya sudah membaik, TN Kelimutu akan dibuka kembali, tetapi jika tidak akan ditutup kembali sambil melihat kondisi di lapangan. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Dok. Agriensia Raya

Oleh-Oleh Kekinian Asli Medan Ini Buka Gerai Kedua, Beri Kejutan Bagi Penumpang Pesawat

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 23:08 WIB
Bolu Stim Menara merupakan makanan kekinian asli Medan yang mampu menjadikan bahan baku asli Medan seperti pandan, markisa, srikaya, jeruk...
DOK Telkomsel.

Kartu Telekomunikasi yang Dipakai Surfer WSL di Banyuwangi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:20 WIB
Lokasi WSL tepat berada di kelengkungan bumi sehingga tim network memasang dua combat yakni Plengkung dan...
MI/Benny Bastiandy

Pemandian Air Panas Alami di Pasar Cipanas Jadi Daya Tarik Wisata

👤Benny Bastiandy 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:06 WIB
PASAR Cipanas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memiliki potensi sumber air panas alami. Saat ini potensinya sudah ditata sedemikian rupa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya