Kamis 13 Januari 2022, 17:27 WIB

Gelombang Tinggi, Penyeberangan di Pelabuhan Kalianget Ditutup Empat Hari

Mohammad Ghazi | Nusantara
Gelombang Tinggi, Penyeberangan di Pelabuhan Kalianget Ditutup Empat Hari

Antara/Zabur Karuru.
Warga mengunjungi Rumah Sakit Terapung di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Jawa Timur, Kamis (15/8/2019).

 

LAYANAN penyeberangan dari Pelabuhan Kalianget du Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, ditutup sementara akibat cuaca buruk. Layanan penyeberangan yang ditutup itu antara lain penyeberangan antarpulau yang melintasi Laut Jawa, Laut Kangean, dan Selat Madura, antara lain Kalianget-Kangean, Kalianget-Jangkar (Situbondo), Kalianget-Sapudi, Kalianget-Masalembu, dan layanan rute keperintisan.

Otoritas pelabuhan tetsebut menyatakan penutupan berlaku selama empat hari hingga Minggu (16/1). Ini bisa diperpanjang jika kondisi perairan masih dinilai berbahaya untuk pelayaran.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kalianget, Supriyanto, mengatakan berdasar rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak, Surabaya, tinggi gelombang di sejumlah perairan yang menjadi jalur penyeberangan dari Pelabuhan Kalianget mencapai lebih dari 3,5 meter. "Kondisi tersebut berbahaya untuk jenis kapal seperti yang biasa melayani rute penyeberangan dari Pelabuhan Kalianget," kata Supriyanto, Kamis (13/1).

Sebelum penutupan diberlakukan, kata dia, pihak pelabuhan sudah menyampaikan informasi tersebut ke sejumlah operator kapal serta ke masyarakat melalui pesan berantai maupun melalui siaran radio. Akibat penutupan tersebut, sejumlah kendaraan pengangkut barang terlihat berjejer di dermaga utama. 

Baca juga: Sumbar Berpotensi sebagai Pusat Konservasi Satwa Terbanyak di Indonesia

Kendaraan tersebut sudah tiba di dermaga sebelum kebijakan penutupan diberlakukan. "Seharusnya hari ini (Kamis, 13/1) kami berangkat menuju Kangean," kata Mulyadi, salah seorang sopir truk pengangkut sembako. (OL-14)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Pemkab Klaten Kembali Giatkan Patroli Yustisi Penegakan PPKM

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 24 Januari 2022, 10:07 WIB
Patroli yustisi menyasar tempat-tempat yang banyak dikunjungi masyarakat, seperti objek wisata, pusat perbelanjaan, pasar, dan...
MI/Dok UGM

Ganjar Pranowo Tinjau KKN UGM hingga Desa Sungsang, Banyuasin

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Senin 24 Januari 2022, 09:21 WIB
Ganjar pun menyampaikan KKN, yang dilakukan perguruan tinggi itu, diharapkan bisa membantu persoalan yang dihadapi oleh suatu...
MI/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden akan Groundbreaking Proyek Industri Hilir Batu Bara

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 24 Januari 2022, 08:45 WIB
Masih di kabupaten yang sama, Jokowi direncanakan berkunjung ke Pasar Baru Tanjung Enim untuk menyerahkan bantuan langsung tunai bagi para...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya