Sabtu 08 Januari 2022, 09:31 WIB

Subardi Gagas Desa Binaan NasDem di Kulonprogo

Basuki Eka Purnama | Nusantara
Subardi Gagas Desa Binaan NasDem di Kulonprogo

MI/Ist
Anggota DPR dari Fraksi NasDem Subardi (tengah) saat berada di Kulonprogo.

 

ANGGOTA DPR RI dari Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Subardi meninjau progres realisasi program aspirasinya di Kapanewon (Kecamatan) Galur, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, Jumat (7/1). Ada empat Padukuhan (dusun) di Kapanewon Galur yang mendapat bantuan dari aspirasinya. 

Di Padukuhan Klotakan, misalnya, bantuan uang tunai senilai Rp65 juta digunakan untuk pembangunan balai dusun. 

Padukuhan Pundung, mendapat bantuan Rp50 juta untuk pembelian alat catering. Padukuhan Gandu mendapat bantuan Rp70 juta untuk pembelian mesin penggilingan padi (Huller) keliling. Sedangkan Padukuhan Sorogaten mendapat bantuan Rp50 juta untuk pembelian tratak dan kursi.

Baca juga: Kedepankan Kepentingan Bangsa dalam Percepatan Pembahasan RUU TPKS

"Ada empat padukuhan di Kapanewon Galur yang aspirasinya sudah terpenuhi. Total seluruh bantuan senilai Rp235 juta. Semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," ucap Subardi saat memberikan kata sambutan, Jumat (7/1).

Secara khusus, Ketua DPW NasDem DIY itu mengapresiasi kinerja Latnyana, selaku koordinator Rumah Aspirasinya di Kabupaten Kulonprogo. 

Ia mengatakan, Rumah Aspirasi berfungsi sebagai pusat data dan monitoring program-program apa saja yang sudah berjalan maupun belum terlaksana. 

“Yang pasti, setiap aspirasi yang masuk akan saya kawal dan saya perjuangkan di Senayan,” tegasnya.

Subardi juga menggagas program aspirasi berkelanjutan, yakni program-program aspirasi yang sudah terlaksana akan terus dipantau dan dikembangkan. 

Anggota Komisi III itu mencontohkan, pembangunan Balai Dusun yang sudah rampung akan kembali mendapat bantuan berupa pelatihan wirausaha. Melalui program ini, Padukuhan atau gabungan Padukuhan yang menerima bantuan akan menjadi “Desa Binaan NasDem.”

"Bantuan itu tidak akan berhenti begitu saja, tetapi ada kesinambungan. Ada semacam pelatihan yang sifatnya meningkatkan ekonomi masyarakat. Ini terus saya kembangkan menjadi desa binaan NasDem, sehingga manfaatnya terus berjalan. Istilah saya, ada pemberdayaan yang berkelanjutan,” ucapnya. 

Berdasarkan data dari Rumah Aspirasi Subardi di Kulonprogo, sejak setahun terakhir, terdapat 26 Padukuhan yang menerima bantuan dari aspirasinya. Di antaranya, bantuan pembangunan jalan, bantuan alat mesin pertanian, bantuan bibit pohon, bantuan infrastruktur peternakan, bantuan modal usaha, dan bantuan mobil ambulan. (RO/OL-1)

Baca Juga

DOK MI.

Banjir Bengkulu Genangi Ribuan Rumah, Pohon Tumbang Tewaskan Warga

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 14:00 WIB
Banjir berdampak pada 886 rumah warga di Kecamatan Muara Bangkahulu, Selebar, Sungai Serut, Ratu Agung, dan Kampung Melayu di Kota...
DOK MI.

Banjir Tinggi lagi hingga Lima Meter Landa Kota Bengkulu

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 13:34 WIB
Seorang warga Kelurahan Sukamerindu, Aminudin, berharap pemerintah menyalurkan bantuan pangan, air bersih, pakaian, tenda, dan sampan untuk...
Dok. Pemprov Jateng

Aplikasi Jalan Cantik Jateng Sudah Terima 7.190 Aduan, Sebagian Besar Sudah Ditangani

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 13:03 WIB
Hanung mengatakan, sejak awal diluncurkan 28 Juni 2019 lalu tercatat 7.190. Dari aduan itu, 1.253 sedang dalam proses...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya