Jumat 03 Desember 2021, 14:39 WIB

16 Bangunan di Temanggung Rusak Diterjang Angin Kencang

Tosiani | Nusantara
16 Bangunan di Temanggung Rusak Diterjang Angin Kencang

DOK MI.
Ilustrasi.

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung, Jawa Tengah, mendata sedikitnya ada 16 bangunan rumah di Kecamatan Parakan rusak diterjang angin kencang pada Kamis (2/12) petang. Kerusakan rata-rata di bagian atap rumah.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Temanggung Toifur Hadi Wuryanto memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan agar diketahui secara pasti keseluruhan jumlah rumah dan bangunan yang rusak berikut kerugiannya.

"Data sementara ada 16 bangunan rumah, kantor, serta pertokoan yang rusak. Namun jumlah tersebut diperkirakan bertambah, khususnya yang rusak ringan. Untuk korban jiwa tidak ada," katanya, Jumat (3/12).

Pascakejadian, kata Toifur, masyarakat dibantu Tim SAR, TNI, Polri, dan sejumlah relawan langsung melakukan pembersihan rumah warga yang terdampak bencana. Pihaknya juga membantu memasang atap sementara dengan menggunakan terpal agar lebih aman saat hujan turun. "Asesmen juga masih dilakukan untuk mengetahui jumlah korban dalam bencana angin ini," katanya.

Baca juga: Tingkatkan Layanan Publik, Pemko Tebing Tinggi Teken MOU Dengan Pemko Pekanbaru

Sekretaris Kecamatan Parakan, Edi Murjanto, mengatakan bencana angin terjadi di empat titik dalam dua desa, yaknu Wanutengah dan Parakan Wetan. "Di Parakan Wetan ada tiga titik," katanya merincikan bencana angin yang melanda.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Angin bermula dari atas Rumah Sakit Ngesti Waluyo. Dalam hitungan menit angin langsung bergerak menerjang permukiman serta menggulung sejumlah atap bangunan. Saat kejadian, mendung hitam menyelimuti wilayah Kecamatan Parakan. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Umarul Faruq.

Banjir kembali Kepung Enam Kecamatan di Pasuruan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 18 Januari 2022, 16:58 WIB
Pantauan kondisi di lokasi kejadian pada Selasa (18/1) siang pukul 12.30 cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga...
MI/Widjajadi.

Kasatreskrim Boyolali Dicopot akibat Lakukan Pelecehan Seksual secara Verbal

👤Widjajadi 🕔Selasa 18 Januari 2022, 16:48 WIB
Ternyata kemudian ketika melapor kasusnya yang diperkosa GW di Bandungan, R malah menerima perlakuan tidak semestinya. Ia menerima...
MI/Wibowo Sangkala

Batuah Bantah Buat Surat Pengaduan Selter JPTM Sekda Kalteng

👤Wibowo Sangkala 🕔Selasa 18 Januari 2022, 16:42 WIB
SURAT pengaduan masyarakat yang mempertanyakan keikutsertaan Pj Sekda Kalteng Nuryakin dalam seleksi terbuka Sekda Kalteng dibantah dibuat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya