Senin 22 November 2021, 20:24 WIB

Polres Tulang Bawang Ungkap 27 Kasus Pencabulan Anak

Widhoroso | Nusantara
Polres Tulang Bawang Ungkap 27 Kasus Pencabulan Anak

DOK Polres Tulang Bawang
Kapolres Tulang Bawang AKB Hujra Soumena (tengah) memberi keterangan pers di Mapolres Tulang Bawang, Senin (22/11).

 

SEPANJANG Januari-November 2021, jajaran Polres Tulang Bawang, Lampung menangani 27 kasus pencabulan terhadap anak-anak. Dari 27 kasus tersebut, 16 kasus sudah dilimpahkan ke kejaksaan dan 11 kasus masih dalam proses penyidikan.

Hal itu diungkapkan Kapolres Tulang Bawang AKB Hujra Soumena dalam konfrensi pers di Mapolres Tulang Bawang, Senin (22/11). Hadir dalam konfrensi pers itu antara lain Kabag Ops Polres Tulang Bawang Komisaris Yudi Pristiwanto serta Kasat Reskrim, Ajun Komisaris Wido Dwi Arifiya Zaen.

"Sepanjang Januari-November 2021 sebanyak 27 kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur ditangani Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Tulang Bawang dan polsek di jajaran. 16 kasus yang sudah dilimpahkan ke Kejaksaan alias P21 dan 11 kasus masih dalam proses sidik,” ujar Hujra.

Kapolres mengatakan, dari kasus-kasus tersebut, kepolisian telah menahan 23 pelaku yang terdiri dari 22 orang dewasa dan 1 anak di bawah umur. "Modus operandi para pelaku adalah kenalan dengan korban di media sosial, lalu diajak pacaran dan diimingi-imingi dengan uang atau benda berharga sehingga korban dengan mudah untuk dicabuli," ungkapnya.

Untuk itu, kata Hujra, kepolisian mengimbau kepada para orang tua, jangan sampai lengah memberikan pengawasan terhadap anak-anaknya. Mulai dari pergaulan, hingga penggunaan media sosial.

"Para pelaku melakukan perbuatan cabul terhadap korban karena adanya kesempatan. Kami tidak henti-hentinya memberikan penyuluhan baik ke sekolah-sekolah maupun ke kampung-kampung, agar anak-anak dibawah umur ini tidak menjadi korban tindak pidana pencabulan," papar Hujra.

Ia menambahkan, pihak kepolisian telah berkomitmen dengan kejaksaan dan pengadilan untuk memberi hukuman maksimal bagi pelaku pencabulan terhadap anak di bawah umur.

"Kepada para pelaku yang telah ditangkap dikenakan Pasal 81 ayat 1 dan ayat 2 Jo Pasal 76D dan Pasal 82 Undang-Undang Perlindungan Anak. Diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun," tegas Hujra. (RO/OL-15)

Baca Juga

dok yayasan erick thohir

Bantuan Erick Thohir Jadi Cerita Bagi Anak Cucu

👤RO/Micom 🕔Minggu 28 November 2021, 13:17 WIB
Kedatangan ET menjadi cerita bagi anak dan cucu bahwa ada seorang pemimpin negeri yang mau berkunjung dan memberikan bantuan di kampung...
Dok. Probadi

Ganjar Dorong Desa Jadi Ujung Tombak Pembangunan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 12:55 WIB
"Kita harapkan nanti betul-betul desa itu sebagai frontliner, menjadi gerbang paling depan untuk membangun," ujar...
Dok. Pribadi

Cerita Istri Ganjar Pranowo di Borobudur Marathon 2021 : Deg-degan Menunggu Start Lomba

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 12:52 WIB
Ia bahkan mengaku sempat deg-degan menunggu momen pembukaan resmi ajang lari sejauh 42,195 km itu, terlebih setelah melihat sejumlah pelari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya