Kamis 11 November 2021, 19:22 WIB

Polres Bungo Buru Pencuri Ribuan Buku Nikah

Solmi | Nusantara
Polres Bungo Buru Pencuri Ribuan Buku Nikah

ANTARA
Buku nikah

 

JAJARAN Polres Bungo, Jambi, hingga kini masih berusaha mengungkap dan membekuk pelaku pencurian 1.500 pasang atau 3.000 eksemplar buku nikah kosong dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bungo, pada awal November 2021 lalu.

Kapolres Bungo Ajun Komisaris Besar Guntur Saputro menjelaskan, pihaknya telah membentuk tim khusus untuk mengungkap kasus secepatnya. "Meskipun terbilang minim petunjuk, berbekal keterangan sejumlah saksi, dan hasil pemeriksaan temuan beberapa barang bukti kejahatan yang digunakan pelaku, kita optimis kasusnya akan terungkap. Ada sedikit titik terang dari pemeriksaan rekaman CCTV yang ada," papar Guntur, Kamis (11/11).

Dari pemeriksaan sejumlah saksi, penyidik Polres Bungo mencatat informasi kehilangan buku nikah pertama kali diketahui Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Bungo M Aliyudin. Saat masuk kantor Senin (1/11), dia melihat ruang kejanya dan lemari penyimpanan buku nikah kosong sudah terbuka.

Guntur menambahkan, dalam kasus ini polisi sudah memeriksa delapan orang saksi yang terdiri dari tiga orang sekuriti dan lima orang pegawai Kemenag Bungo

Di sisi lain, kasus pencurian buku nikah di lingkungan Kemenag di Jambi bukan kali ini saja terjadi. Menurut seorang pemuka agama Jambi Umar Yusuf, pencurian buku nikah juga pernah terjadi di beberapa kantor Kemenag di kabupaten lain.

Sepengetahuan Umar Yusuf, pencurian buku nikah pertama kali terdeteksi sekitar 2010 lalu. Selain di Bungo, pencuri buku nikah juga beraksi di Kabupaten Merangin, Kerinci dan Tanjungjabung Timur. "Kalau diperhatikan, diduga ada sindikatnya," jelasnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/Kristiadi.

Satpam Bank BJB Tangkap Pembobol Mesin ATM di Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Minggu 23 Januari 2022, 15:10 WIB
Setelah lima menit, pelaku langsung beraksi di ruangan itu dengan membuka paksa brankas uang bagian bawah dengan memakai tangannya...
Antara/Arnas Padda.

Sulawesi Selatan Temukan Kasus Pertama Omikron

👤Lina Herlina 🕔Minggu 23 Januari 2022, 14:50 WIB
NA saat ini sudah menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padjonga Dg Ngalle...
DOK BIN

BIN Jabar Terus Gencarkan Vaksinasi Covid-19

👤Naviandri 🕔Minggu 23 Januari 2022, 13:35 WIB
Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung menyebutkan pihaknya mengalami kesulitan untuk pemberian vaksinasi kepada anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya