Kamis 04 November 2021, 16:37 WIB

Kronologi Kecelakaan Maut Dekan Fakultas Peternakan UGM

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Kronologi Kecelakaan Maut Dekan Fakultas Peternakan UGM

MI/Ardi.
Jenazah disemayamkan di Balairung Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada.

 

WAKIL Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Fakultas Peternakan UGM Bambang Suwignyo PhD memaparkan kejadian kecelakaan yang menimpa rombongan Fakultas Peternakan UGM. Akibat kejadian tersebut, Dekan Fakultas Peternakan Prof I Gede Suparta Budisatria meninggal dunia.

Bambang memaparkan mobil yang mengalami kecelakaan ditumpangi empat orang, yaitu Jumari (Tenaga Kependidikan Fakultas Peternakan UGM sebagai pengemudi), Prof Gede Suparta Budisatria (Dekan Fakultas Peternakan), Prof Ali Agus (Dosen Fakultas Peternakan/Mantan Dekan Fakultas Peternakan) Dr Chusnul Hanim (Dosen Fakultas Peternakan/istri Prof Ali Agus). Kendaraan berangkat dari Yogyakarta ke Jakarta pada Rabu (3/11) pada pukul 18.00 WIB dengan menggunakan kendaraan dinas Fakultas Peternakan Toyota Innova AB 1969 PY.

Rombongan hendak melakukan wawancara visa di Visa Facilitation Services Global Kuningan City Mall Lantai I Jalan Dr Satrio Jakarta pada Kamis (4/11). Visa tersebut rencananya akan digunakan untuk perjalanan dinas ke Belanda pada 22 November 2O2I. "Perjalanan ke Jakarta dilakukan dengan kendaraan dinas Fakultas Peternakan karena penggunaan transportasi umum tidak memungkinkan (jadwal tidak ada yang sesuai dengan itinerary rombongan Dekan Fakultas Peternakan UGM)," papar dia, Kamis (4/11).

Menurut informasi dari Jasa Marga, lanjut Bambang, kecelakaan terjadi pada pukul 01.18 di Km 113+800 B pada Kamis (4/11). Pada saat itu, cuaca terpantau cerah.

Keterangan yang dikeluarkan Jasa Marga saat itu, kondisi korban yaitu 1 laki-laki luka berat serta 2 laki-laki dan 1 wanita luka ringan. Korban kemudian dievakuasi ke RS Abdul Radjak, Purwakarta.

Dalam keterangan tertulis, Bambang menjelaskan kendaraan melintas dari arah timur menuju barat. Sesampainya di km 113+800 B, kendaraan menabrak kendaraan yang berada di depannya (nihil identitas). Posisi akhir kendaraan normal menghadap barat di bahu luar.

Semua penumpang mobil kemudian dievakuasi ke RSU Abdul Radjak Purwakarta. Prof I Gede Suparta Budisatria mengalami luka berat dan meninggal. Prof Ali Agus, Dr Chusnul Hanim, dan Jumari mengalami luka ringan.

Atas kesepakatan keluarga, Prof Ali Agus dan Dr Chusnul Hanim kemudian dipindahkan ke rumah sakit di Jakarta Timur untuk perawatan lebih lanjut. Jenazah Prof I Gede Suparta Budisatria dibawa ke Yogyakarta dengan ambulans pada pukul 08.23 dari Purwakarta. 

Jenazah tersebut diperkirakan tiba di Yogyakarta pada pukul 15.00. Jenazah disemayamkan di Balairung Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada.

Baca juga: Rombongan Dekan Fakultas Peternakan UGM Alami Kecelakaan di Cipali

Prosesi penyemaman jenazah akan disiarkan melalui Zoom Meeting http://ugm.idl2IK dengan meeting ID: 839 74t6 9770 dan passcode: 241066. Jenazah akan dimakamkan di Makam UGM Sawit Sari. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Agriensia Raya

Oleh-Oleh Kekinian Asli Medan Ini Buka Gerai Kedua, Beri Kejutan Bagi Penumpang Pesawat

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 23:08 WIB
Bolu Stim Menara merupakan makanan kekinian asli Medan yang mampu menjadikan bahan baku asli Medan seperti pandan, markisa, srikaya, jeruk...
DOK Telkomsel.

Kartu Telekomunikasi yang Dipakai Surfer WSL di Banyuwangi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:20 WIB
Lokasi WSL tepat berada di kelengkungan bumi sehingga tim network memasang dua combat yakni Plengkung dan...
MI/Benny Bastiandy

Pemandian Air Panas Alami di Pasar Cipanas Jadi Daya Tarik Wisata

👤Benny Bastiandy 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:06 WIB
PASAR Cipanas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memiliki potensi sumber air panas alami. Saat ini potensinya sudah ditata sedemikian rupa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya