Senin 18 Oktober 2021, 17:14 WIB

Distribusi BBM Ke SPBU Di Sumut Kembali Normal

Yoseph Pencawan | Nusantara
Distribusi BBM Ke SPBU Di Sumut Kembali Normal

ANTARA
SPBU Pertamina

 

PT Pertamina Patra Niaga telah menormalkan distribusi BBM ke SPBU di wilayah Sumatra Utara yang sempat terkendala dalam beberapa hari lalu.

DPC Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Sumut memastikan bahwa distribusi BBM ke SPBU di provinsinya saat ini sudah berangsur normal. "Saat ini semua SPBU perlahan-lahan sudah mulai normal menjual BBM," ungkap Ketua DPC Hiswana Migas Sumut Razali Husein, Senin (18/10).

Dalam beberapa hari lalu, banyak SPBU di Sumut kesulitan menjaga
ketersediaan stok BBM. Masalah itu disebabkan dua hal utama yakni melonjaknya pengisian BBM oleh masyarakat pasc enurunan level PPKM dan keterlambatan kedatangan kapal tanker pengangkut BBM.

Namun situasi itu tidak berlangsung lama. PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan stok BBM untuk Sumut saat ini sudah dalam kondisi aman.

"Stok BBM aman di Sumut. Kapal tanker sudah merapat dan kita sudah menyalurkan BBM ke setiap SPBU," ungkap Taufikurachman, Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut, PT Pertamina Patra Niaga.

Kapal tanker yang dimaksud mengangkut BBM sebanyak 15.900 Kilo Liter (KL). Jumlah itu diyakini cukup untuk memenuhi kebutuhan BBM di Sumut hingga beberapa hari ke depan.

Selain itu, Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan tambahan pasokan BBM untuk daerah-daerah yang mengalami peningkatan konsumsi. Terutama Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang.

Ketika menghadapi kesulitan pasokan dalam beberapa hari lalu, kata Razali, banyak SPBU menyiasatinya dengan menjaga stok BBM pengganti atau sejenis dengan BBK (bahan bakar khusus).

Namun saat ini pasokan ke SPBU sudah mulai normal kembali secara bertahap. Kendati demikian pihaknya sudah meminta SPBU untuk semaksimal mungkin menjaga ketersediaan stok. "Pelan-pelan distribusi BBM sudah mulai berangsur normal dan merata, tidak ada lagi masalah," ujarnya lagi.

Karena itu pihaknya meyakini bahwa dampak keterlambatan sandar kapal tanker di DPPU Medan Group Belawan sudah dapat diatasi dengan baik oleh Pertamina Patra Niaga Sumbagut. Pihaknya telah memastikan saat ini distribusi BBM ke SPBU sudah berjalan terus-menerus secara berlanjutan.

"Kami sudah memantau distribusi BBM, secara bertahap sudah mulai normal. Jadi, pelan-pelan tidak ada lagi antrian di SPBU dan saat ini stok BBM sudah ada hampir merata di semua SPBU," terangnya.

Karena itu dia berharap masyarakat tidak perlu lagi merasa khawatir akan ketersediaan BBM di SPBU. Apalagi sampai panik. Razali memastikan pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan Pertamina dalam pemenuhan ketersediaan BBM di wilayahnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Bulog Gelontorkan Beras Fortivit Atasi Stunting di NTT

👤Palce Amalo 🕔Kamis 02 Desember 2021, 17:01 WIB
Bulog menggelontorkan ribuan beras fortivit kepada balita stunting di Desa Bokong, Kecamatan Taebenu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis...
MI/Caksono.

Polresta Padang Tangkap Pelaku Pencabulan Anak di Bawah Umur

👤Yose Hendra 🕔Kamis 02 Desember 2021, 16:47 WIB
Kronologi kejadian pada Senin (29/11) sekitar pukul 12.00 WIB. Waktu itu korban lewat di depan rumah...
MI/Rendy Ferdiansyah.

Terbakar, Kapal Bermuatan Karet Rute Palembang-Pontianak

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 15:48 WIB
Saat itu, menurut Mikron, nakhoda kapal memerintahkan ABK menyiapkan rakit sebagai upaya penyelamatan pertama. Kemudian api...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya