Senin 18 Oktober 2021, 11:39 WIB

1.808 Anak di Lembata Alami Stunting

Alexander P Taum | Nusantara
1.808 Anak di Lembata Alami Stunting

ANTARA FOTO/Candra Y
Upaya menekan angka stunting dengan pemberian makanan bergizi

 

KASUS anak stunting di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, saat ini berjumlah 1.808 yang tersebar di sembilan kecamatan. Pemerintah Kabupaten Lembata berkomitmen agar tahun 2022, jumlah kasus stunting di Kabupaten Lembata hanya 10% dari jumlah bayi atau anak yang ditimbang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata Mathias Beyeng mengatakan stunting atau perawakan pendek adalah kondisi gagal tumbuh pada tubuh dan otak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama sehingga anak lebih pendek dari anak normal seusianya.

Stunting, kata dia, merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia. Hal ini dikarenakan anak mengalami perawakan pendek akibat kekurangan gizi.

"Kekurangan gizi bukan hanya mengganggu pertumbuhan fisik (bertubuh pendek/kerdil) saja, tapi juga terganggu perkembangan otaknya. Ini akan sangat mempengaruhi kemampuan dan prestasi di  sekolah, produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif," ujar Mathias usai melakukan pertemuan dengan seluruh kepala Puskesmas dan petugas gizi dari semua puskesmas di Hotel Anisa, Senin (18/10).

Baca juga: Hari Pangan dan Upaya Memberantas Stunting

Untuk mencegah anak menderita stunting maka peran semua pihak sangat dibutuhkan, terutama mulai dari keluarga untuk memperhatikan asupan gizi untuk anak-anak. Ia mengatakan investasi besar bagi orangtua adalah anak-anak, karena itu masalah gizi menjadi perhatian utama orangtua. 

Selain orang tua, stakeholder lainnya juga punya peran penting dalam mengatasi masalah stunting yakni kader posyandu, pemerintah desa, petugas gizi baik di Puskesmas maupun di desa.(OL-5)
 

Baca Juga

MI/Bayu Anggoro

Jabar Quick Response Bantu Korban Banjir Bandang di Garut

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 30 November 2021, 23:50 WIB
Tim JQR harus bekerja keras karena jalur menuju lokasi sempat terputus akibat longsoran dan jembatan penghubung desa yang...
MI/Bayu Anggoro

PDIP Diminta Beri Sanksi pada Junimart Girsang

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 30 November 2021, 23:45 WIB
Pemuda Pancasila Jawa Barat menyampaikan aspirasi dan tuntutan mereka dengan mendatangi kantor DPRD Jawa...
Dok. Pribadi

Nadiem Minta Germas BBI Aroma Maluku Tercium Lintas Benua 

👤Mediaindoensia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 23:31 WIB
Dia menjelaskan, berdasarkan catatan pelaut Portugis pada abad 16, Kepulauan Maluku disebut dengan Spice Island. Tenun Maluku juga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya