Kamis 16 September 2021, 06:36 WIB

Tiga Awak Rimbun Air Dievakuasi ke Timika, Kotak Hitam Ditemukan

mediaindonesia.com | Nusantara
Tiga Awak Rimbun Air Dievakuasi ke Timika, Kotak Hitam Ditemukan

dok.Humas Polda Papua
Puing pesawat kargo Rimbun Air Cargo seri Twin Otter 300 PK-OTW terlihat di Intan Jaya, Papua, Rabu (15/9/2021)

 

TIGA awak pesawat Rimbun Air dengan nomor penerbangan PK OTW yang jatuh di Bukit Kampung Bilogai, dekat Sugapa, Kabupaten Intan Jaya pada Rabu (15/9), rencananya akan dievakuasi ke Timika pada Kamis pagi (16/9).

Kepala Kantor SAR Timika George Mercy L Randang di Timika, Kamis, mengatakan dua armada pesawat perintis sudah siap di Bandara Bilogai Sugapa untuk membawa jenazah Pilot Hj. Mirza  co pilot Fajar dan teknisi Iswahyudi.

"Pesawat belum berangkat dari Sugapa karena di sana masih kabut. Yang jelas di Bandara Timika sudah disiagakan mobil ambulans untuk membawa jenazah para korban ke RSUD Mimika untuk proses selanjutnya," jelas Mercy.

Jenazah ketiga awak pesawat Rimbun Air PK OTW jenis Twin Otter 3000 itu, berhasil dikeluarkan dari reruntuhan puing-puing pesawat nahas itu oleh warga bersama aparat TNI pada Rabu (15/9) malam sekitar pukul 23.30 WIT.

Kemudian secara estafet Tim SAR gabungan terdiri atas unsur masyarakat, Basarnas dan TNI mengevakuasi ketiga jenazah ke Bandara Sugapa dengan berjalan kaki.

Jenazah ketiga awak pesawat Rimbun Air itu baru tiba di Bandara Sugapa pada Kamis dini hari sekitar pukul 02.30 WIT.

Selanjutnya pada pukul 04.30 WIT, Tim SAR gabungan yang terdiri atas unsur Basarnas Timika dan unsur TNI kembali menemukan kotak hitam pesawat Rimbun Air.

"Tim sekarang ini sedang dalam perjalanan mengevakuasi black box dari lokasi kejadian ke Sugapa dengan berjalan kaki. Kalau tidak ada hambatan hari ini juga black box itu sudah bisa dibawa ke Timika bersama 10 personel Basarnas," kata Mercy.

Pesawat Rimbun Air PK OTW itu hilang kontak dalam penerbangan dari Bandara Nabire menuju Sugapa, Kabupaten Intan Jaya pada Rabu (15/9) pagi sekitar pukul 07.37 WIT.

Pesawat itu dilaporkan membawa bahan bangunan.

Kepala AirNav Indonesia Cabang Timika Andi Nurwansyah mengatakan, pihak SAR Timika melalui peralatannya, menangkap sinyal yang diduga berasal dari pesawat Rimbun Air yang jatuh. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Antisipasi Peredaran Narkoba, Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Kembali Razia Insidentil

Baca Juga

dok.Pendam Cendrawasih/XVII

Satgas TNI Salurkan Bantuan Perlengkapan Sekolah di Perbatasan

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 19 September 2021, 06:35 WIB
PRAJURIT Satgas Yonif 611/Awang Long memberikan bantuan perlengkapan sekolah kepada warga perbatasan RI-Papua New Guenia di Kampung Yakyu,...
Dok MI

Pemkab Karawang Masih Hadapi Persoalan Warga BAB Sembarangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 23:11 WIB
Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menghadapi persoalan masih adanya perilaku warga tidak sehat, terutama masalah buang air besar...
DOK/Wakool Academy

Teknologi Digital Wakool Academy, Solusi Bisnis di Tengah Pandemi

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 18 September 2021, 22:05 WIB
Pembatasan aktivitas masyarakat bisa disiasati dengan mengadopsi kemajuan tersebut termasuk untuk kepentingan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya