Senin 30 Agustus 2021, 14:41 WIB

KSP Pastikan Segera Bereskan Konflik Lahan di Jawa Timur

Andhika Prasetyo | Nusantara
KSP Pastikan Segera Bereskan Konflik Lahan di Jawa Timur

MI/Depi Gunawan
Ilustrasi

 

KANTOR Staf Presiden (KSP) terus berkomitmen menyelesaikan sejumlah konflik agraria di Indonesia. Saat ini, salah satu kasus yang menjadi prioritas adalah sengketa lahan di Dusun Kekep, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, yang diharapkan bisa rampung pada tahun ini.

Tenaga Ahli Utama KSP Usep Setiawan mengungkapkan pihaknya bersama seluruh kementerian/lembaga terkait telah mencapai tahap akhir dari proses penyelesaian yakni Sidang Panitia Pertimbangan Landreform.

Setelah proses itu beres, sebanyak 138 sertipikat akan diberikan kepada warga yang sebelumnya bermukim di kawasan hutan.

“Pelaksanaan Reforma Agraria di Batu berpotensi menjadi pionir penyelenggaraan Reforma Agraria di wilayah perkotaan. Kami akan pastikan percepatan penyelesaian konflik agraria tidak hanya berhenti di Kota Batu,” ujar Usep melalui keterangan resmi, Senin (30/8).

Baca juga : Perkebunan Salak Pondoh di Sleman Perlu Peremajaan

Selain di Dusun Kekep, masih di Kecamatan yang sama, KSP juga mengawal secara langsung penyelesaian konflik lahan seluas 9,7 hektare di Desa Sumber Brantas.

Usep menuturkan, meskipun telah menjadi wilayah bermukim dan mencari penghasilan sejak 1992, lahan tersebut masih dikategorikan berada di dalam kawasan hutan.

Oleh karena itu, demi menjamin hak masyarakat, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) harus memberikan kepastian hukum dengan memberikan sertipikat kepada 278 pemukiman warga.

“Penyelesaian konflik agraria memerlukan kolaborasi yang erat baik di tingkat pusat dan daerah sehingga KSP merasa bahwa dialog dengan masyarakat penting untuk mendapatkan perspektif lapangan,” sambungnya. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Punya Potensi Besar, Sumbar Jajaki Kerja Sama dengan Vietnam

👤Yose Hendra 🕔Selasa 28 Juni 2022, 18:39 WIB
Alasan kuat kerja sama sister city adalah banyaknya kesamaan kedua daerah di antaranya sama-sama memiliki pelabuhan dan potensi perikanan...
ANTARA/Rizal Hanafi

Dinpertan Purbalingga Mulai Lakukan Vaksinasi PMK

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 28 Juni 2022, 18:32 WIB
DINAS Pertanian (Dinpertan) Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) telah  menerima 600 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku...
ANTARA/JOJON

4 Wilayah Jabar Ini akan Uji Coba Beli Pertalite lewat Aplikasi

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 28 Juni 2022, 18:15 WIB
Pada periode 1 Juli nanti akan ada empat kota/kabupaten di Jawa Barat yang akan melakukan uji coba untuk transaksi pertalite dan solar bagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya