Jumat 20 Agustus 2021, 17:49 WIB

97,5% RT/RW di Cianjur Zona Hijau Covid-19

Benny Bastiandy | Nusantara
97,5% RT/RW di Cianjur Zona Hijau Covid-19

DOK MI
Ilustrasi

 

PEKAN ini hampir 97,5% atau hampir 13.455 lingkungan RT/RW di 360 desa dan kelurahan yang tersebar di 32 kecamatan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, saat ini berada pada zona hijau atau zona aman penyebaran covid-19. Selebihnya atau sekitar 345 RT/RW merupakan zona kuning, oranye, dan merah.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal menuturkan secara umum penilaian zonasi belum bisa dispesifikasi per kecamatan. Artinya, penilaian zonasi disepakati masih menggunakan PPKM skala mikro.

"Kita belum bisa melihat level per kecamatan. Jadi kita sepakat memakai PPKM mikro atau penilaian berbasis zonasi di tingkat RT. Hasil evaluasi, 97,5% sudah zona hijau. Sisanya kuning. Kalau yang zona merah itu hanya 1 RT dan zona oranye ada 6 RT," terang Yusman kepada Media Indonesia, Jumat (20/8).

Progres penilaian skala mikro penyebaran covid-19 di tingkat RT yang zona hijau terjadi peningkatan. Sebelumnya saat awal terjadi lonjakan kasus cukup signifikan, zona hijau wilayah RT di Kabupaten Cianjur secara persentase di kisaran 88%. "Sekarang naik jadi 97,5%," tegas Yusman.

Kondisi tersebut setidaknya mengindikasikan penyebaran covid-19 di Kabupaten Cianjur makin hari terus terkendali. Rata-rata penambahan kasus konfirmasi positif covid-19 pun terpantau terus turun.

"Alhamdulillah, setiap minggu dari hasil evaluasi, grafik kasusnya terus turun. Tapi begitu, kita masih berada pada zona oranye. Insya Allah perkembangannya terus membaik," timpal Bupati Cianjur, Herman Suherman.

Herman menuturkan, sekarang wilayah yang zona merah hanya berada di satu RT di Desa Cibodas di Kecamatan Cijati. Sedangkan zona oranye berada di Kecamatan Gekbrong. "Yang lainnya sudah bagus. Zona hijau dan kuning," jelas Herman.

Pemetaan zonasi penyebaran covid-19, kata Herman, menjadi kata kunci bisa dilaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas. Utamanya yang berada di zona hijau dan kuning. "Kalau yang masih zona merah atau kuning, selesaikan dulu (pengendaliannya). Mudah-mudahan minggu depan gak ada lagi yang zona merah atau oranye," pungkasnya. (OL-15

Baca Juga

ANTARA/Fransisco Carolio

Titik Api Bertambah 10 Kali Lipat, Sumut Siaga Karhutla

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 23:25 WIB
Sumut memiliki wilayah yang rentan mengalami karhutla karena memiliki 3,7 juta ha lahan hutan dan 261 ha lahan...
MI/Kristiadi

Komunitas Mak Ganjar Garut Berdoa Memohon Kemajuan Bangsa

👤Adi Kristiadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:28 WIB
RATUSAN Ibu-Ibu bergabung ke dalam komunitas relawan Mak Ganjar untuk mengikuti acara Zikir dan Do'a Bersama untuk Kemajuan Bangsa di...
dok.ist

Perempuan Milenial Sumsel Ajak Pilih Figur yang Terbukti Memajukan Perempuan

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:15 WIB
UPAYA konsolidasi dukungan untuk Ganjar Pranowo ini digelar dalam acara  healty fun day di Gedung Graha Bandara Insani, Talang Jambe,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya