Kamis 05 Agustus 2021, 14:21 WIB

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Vaksinasi Massal Buruh di Jabar

Naviandri | Nusantara
Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Vaksinasi Massal Buruh di Jabar

MI/Rudi Kurniawansyah.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membagikan sebanyak 25 ribu vaksin Sinovac untuk para buruh di kawasan East Jakarta Industrial Park.

 

PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau vaksinasi massal Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) di PT Kahatex, Sumedang, Jawa Barat (Jabar), kemarin. Di lokasi, Kapolri bicara soal pentingnya vaksinasi untuk buruh. 

Listyo menyoroti pentingnya kesehatan buruh di masa pandemi covid-19. Buruh harus tetap sehat agar tidak terpapar virus korona, imbuhnya, sehingga aktivitas dan roda perekonomian tetap berjalan dengan baik.

"Saya ingin kesehatan buruh tetap terjaga dan ekonomi tetap bertumbuh. Oleh sebab itu, dua-duanya harus bisa jalan," kata Listyo dalam sambutannya.

Apalagi, lanjut Kapolri, buruh dapat dikategorikan sebagai salah satu kelompok yang disebut pahlawan devisa bagi Indonesia. Khususnya, mereka yang bekerja terkait dengan bidang ekspor-impor. Oleh sebab itu, menurut Listyo, pemerintah dan stakeholders terkait bersama buruh harus bersinergi untuk melakukan percepatan vaksinasi demi mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus korona.

"Percepatan vaksinasi khususnya bagi kawan-kawan kami buruh yang tergabung dalam KSPSI. Kami tahu buruh salah satu pahlawan devisa karena dengan kekuatan ekspor selama ini yang dilakukan rekan-rekan. Karena itu, kami memiliki kewajiban untuk menjaga agar kawan-kawan buruh semua selalu sehat," lanjutnya.

Guna melakukan akselerasi, Sigit menyebut pemerintah bakal mengerahkan 15 ribu vaksin bagi buruh di Jawa Barat. Tujuannya, tercipta kesehatan yang kuat bagi buruh, sehingga roda perekonomian kembali berputar.

"Kegiatan vaksinasi kami turunkan 15 ribu vaksin. Kalau masih kurang, bisa dikoordinasikan kembali," ucap mantan Kabareskrim ini.

Saat ini angka harian covid-19 masih terbilang tinggi meski ada penurunan kasus secara nasional. Karena itu, buruh diharapkan tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan (prokes) secara ketat dalam kehidupan sehari-hari. "Walaupun melaksanakan vaksinasi, tetap jaga prokes dan gunakan masker setelah kegiatan vaksinasi," kata Sigit.

Baca juga: Beras Bansos Kemensos Jelek, Wagub Jatim Minta Tidak Dibagikan

Di lokasi yang sama, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga menyampaikan hal senada. Untuk mengendalikan pandemi covid-19, vaksinasi menjadi salah strategi penanganannya selain protokol kesehatan 3M dan penguatan 3T. "Tiga hal ini penting karena varian yang ada di Indonesia yakni delta penularannya lebih cepat," ujar Hadi. Selain vaksinasi, Panglima TNI dan Kapolri menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada buruh dan masyarakat untuk meringankan beban di tengah pandemi. (OL-14)

Baca Juga

Ant/Jojon

Dinkes Temanggung Siapkan Vaksinasi Covid-19 Malam Hari

👤Tosiani 🕔Kamis 09 Desember 2021, 11:40 WIB
DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah berinisiatif menambah jadwal vaksinasi covid 19 pada malam...
MI/Widjajadi

KSAU Lantik 207 Perwira Setukpa Angkatan XXV

👤Widjajadi 🕔Kamis 09 Desember 2021, 11:15 WIB
TNI Angkatan Udara siapkan prajurit yang mampu menjawab tantangan kompleks di tengah dinamika lingkungan strategis dan kemajuan...
MI/Adi Kristiadi

Kepingin Divaksin Covid meski Stroke Nana Rela Bejalan Kaki 3 Km

👤Adi kristiadi 🕔Kamis 09 Desember 2021, 11:10 WIB
NANA, warga Rancageneng, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Bungursari, yang stroke berjalan kaki sejauh 3 kilometer mendatangi gerai vaksinasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya