Minggu 30 Mei 2021, 12:15 WIB

PTM di Temanggung Tunggu Vaksinasi Guru 100 Persen

Tosiani | Nusantara
PTM di Temanggung Tunggu Vaksinasi Guru 100 Persen

ANTARA/Adiwinata Solihin
Petugas Dinas Kesehatan menyiapkan suntikan vaksin Sinovac di SDN 5 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Kamis (27/5/2021).

 

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di Temanggung, Jawa Tengah tinggal menunggu surat izin dari Bupati setempat setelah vaksinasi covid-19 pada guru dan tenaga pendidik tercapai 100 persen. Saat ini proses pelaksanaan vaksinasi masih terkendala minimnya ketersediaan vaksin.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Temanggung Andre Arfianto, mengatakan, PTM direncanakan mulai dilaksanakan pada bulan Juli mendatang bertepatan dengan tahun ajaran baru. Akan tetapi masih ada persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Di antaranya vaksinasi untuk guru dan tenaga pendidik harus sudah selesai.

"Sampai saat ini progres vaksinasi untuk guru dan tenaga pendidik masih kurang dari 50 persen. Itu pun kebanyakan baru menerima dosis satu. Jadi masih dalam proses," ujar Andre, Minggu (30/5), di Temanggung.

Pelaksanaan vaksinasi untuk guru dan tenaga pendidik ini, menurut Andre, terkendala minimnya ketersediaan vaksin. Selain jumlahnya yang terbatas, jumlah vaksin yang ada juga tidak hanya untuk tenaga pendidik. Masih ada komponen lain seperti pedagang, lansia, relawan, dan tenaga kesehatan.

"Target kita vaksinasi akan selesai sebelum Juli 2021,"ujar Andre. 

Persyaratan lainnya untuk PTM, menurut Andre, adanya persetujuan dari wali murid untuk PTM. Hal ini sudah didapat sejak bulan September dan Oktober tahun 2020 lalu. Serta persyaratan adanya surat persetujuan bupati selaku kepala daerah dan Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19. Persetujuan bupati ini baru bisa didapat setelah vaksinasi untuk guru dan tenaga pendidik tercapai sepenuhnya atau 100 persen.

Di Temanggung, pelaksanaan vaksinasi untuk guru dan tenaga pendidik dilaksanakan mulai dari PAUD, TK, SD, terakhir SMP. Untuk SMP yang sudah 100 persen vaksinasi covid dan sudah uji coba PTM baru SMPN 2 Temanggung.Lainnya beberapa SD juga sudah ujicoba PTM. Untuk SMA yang merupakan ranah provinsi Jateng sudah vaksinasi untuk SMA 1 Parakan, MAN, dan SMK 1 Maron.

"Ujicoba PTM yang sudah dilakukan juga masih akan kami evaluasi lagi.Persiapan lainnya sudah ada sarana dan prasarana (sarpras) protokol kesehatan di tiap sekolah sejak enam bulan terakhir. Tapi juga akan kita cek lagi kesiapannya kalau ada sarpras yang rusak," kata dia. (H-3)

Baca Juga

Medcom

Di DIY, Tinggal Kota Yogyakarta yang Penambahan Kasus Lebih Tinggi dari Jumlah Sembuh

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 09:15 WIB
Tempat tidur di rumah sakit rujukan di DIY tercatat sebanyak 183 tempat tidur untuk kategori kritikal dan 1.477 tempat tidur...
MI/Denny Susanto

Sajian Kopi Lokal dan Hasil Bumi Pegunungan Meratus Warnai HUT Walhi

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 08:00 WIB
Penyajian panganan lokal dari hasil panen petani ini menunjukkan rakyat Kalsel mampu berdaulat...
MI/Dok BPBD Ciamis

Petugas Identifikasi 11 Siswa MTs yang Tenggelam di Sungai Cileueur

👤Kristiadi 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 06:09 WIB
Para siswa diduga terbawa arus yang cukup kuat karena semua korban yang ditemukan SAR gabungan lokasinya berada di muara aliran sungai yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya