Minggu 09 Mei 2021, 01:30 WIB

Danau Kelimutu Ditutup Bagi Wisatawan saat Lebaran 2021

Gabriel Langga | Nusantara
Danau Kelimutu Ditutup Bagi Wisatawan saat Lebaran 2021

MI/Sumaryanto Bronto
Pesona danau Kelimutu di Taman Nasional Kelimutu, Ende Flores, Nusa Tenggara Timur ( NTT)

 

WISATA nasional Danau Kelimutu tiga warna yang ada di Woloara, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur resmi ditutup bagi wisatawan domestik dan mancanegara saat liburan Lebaran 2021.

Penutupan wisata nasional yang dimulai dari tanggal 10 hingga 17 Mei 2021. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Ende.

Hal ini tertuang dalam surat Balai Taman Nasional nomor: PG.6/T.40/TU/KSA.2/5/2021 yang ditandatangani oleh Kepala Balai TN Kelimutu Agusetia Sitepu.

Dalam surat tersebut yang diperoleh mediaindonesia.com, Minggu (9/5), Agus Setia Sitepu menyatakan hari raya Idul Fitri biasanya merupakan puncak kunjungan wisatawan di Taman Nasional Danau Kelimutu dapat mencapai lebih dari 3.000 orang per hari.

Hal ini tentunya akan menyebabkan banyak terjadi kerumunan serta pengunjung berdesakan saat berada di areal parkir, jalan setapak, tangga, maupun view deck sehingga sangat rawan penularan terutama dalam situasi pandemi Covid 19 saat ini.

Agus menambahkan berdasarkan rapat koordinasi kami serta Rapat Tim Satgas Penanggulangan Covid Kabupaten Ende bahwa penutupan kunjungan wisata di taman nasional Kelimutu selama delapan hari yang terhitung mulai tanggal 10 Mei sampai tanggal 17 Mei 2021.

Dia pun menyampaikan permohonan maaf kepada para pengunjung atas penutupan tersebut. Namun menurut dia, hal tersebut merupakan keputusan tepat untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Ende.

"Keputusan penutupan ini juga merupakan hasil koordinasi serta rapat bersama Satgas penanggulangan Covid-19 Kabupaten Ende" pungkas dia. (OL-13)

Baca Juga: Malam Ini Ratusan Kendaraan Pemudik Diputar Balik di Gentong

 

 

Baca Juga

Medcom

Empat Kasus Kekerasan terhadap Pers Terjadi di Sumut Sebulan Terakhir

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:58 WIB
Sebelum kasus pembunuhan Marsal, pada 29 Mei 2021 rumah seorang jurnalis bernama Abdul Kohar Lubis di Kota Pematangsiantar diteror...
DOK

Apps Sumut Bersinar, Cara Baru Polda Sumut Perangi Marak Narkoba

👤 Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:50 WIB
Adalah AKBP Fadris SR Lana, Kasubdit III Ditres Narkoba Polda Sumut, yang menjadi sosok sentral di balik aplikasi...
DOK

Proses Hukum Kasus Narkoba Sekda Nias Utara Diminta tetap Berjalan

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:40 WIB
Sebagai ASN tertinggi di Nias Utara seharusnya Yafeti menjadi teladan bagi masyarakatnya. Bukan malah melakukan tindakan tidak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya