Kamis 06 Mei 2021, 16:42 WIB

Perantau yang Mudik Diminta Isolasi Mandiri di Kampung

Yose Hendra | Nusantara
Perantau yang Mudik Diminta Isolasi Mandiri di Kampung

Antara/Wahdi Septiawan.
Petugas kepolisian dan instansi terkait menjelaskan persyaratan perjalanan kepada penumpang bus rute Jakarta-Padang yang diberhentikan.

 

MUDIK lokal yang dibolehkan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat memastikan pulang kampung dari satu kota ke nagari (desa) tak terelakkan. Maka itu, Kepolres Agam AKB Dwi Nur Setiawan berharap pemerintah nagari dapat mengetahui masyarakat yang melaksanakan mudik ke wilayahnya.

"Jika ada warga yang mudik, mereka harus jalani isolasi mandiri sesampai di kampung," ujar Dwi, Kamis (6/5). Kemudian pemudik diminta melakukan swab test supaya dapat mendeteksi lebih awal bahwa mereka betul-betul aman dari covid-19.

Untuk mengetahui orang yang datang, menurutnya, pemerintah nagari dapat memaksimalkan posko penanganan covid-19 di perbatasan nagari. "Hal ini supaya penyebaran covid-19 dapat dicegah agar tidak semakin meluas," sebutnya.

Terkait pelaksanaan ibadah salat Idulfitri 1442 Hijriah nanti, ia mengimbau masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan. "Bagi mereka yang dalam keadaan sakit untuk melaksanakan ibadah di rumah," katanya.

Polres Agam kerahkan 200 personel dalam Operasi Ketupat Singgalang yang digelar 6-17 Mei 2021. Dwi Nur Setiawan mengatakan, dari jumlah personel yang dikerahkan berasal dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan BPBD.

 

"Mereka ditempatkan pada delapan pos yang sudah kami tetapkan," ujarnya. Dikatakannya, pos Operasi Ketupat Singgalang 2021 berkurang dari jumlah awal sebanyak 10 unit, karena tidak jadi pembentukan pos sekat di perbatasan. "Hal ini karena pos sekat hanya diutamakan di perbatasan provinsi," sebutnya.

 

Dengan begitu, pos Operasi Ketupat Singgalang tahun ini hanya delapan unit dengan rincian Pos Pam tiga unit dan Pos Pelayanan lima unit. Pos Pam ditempatkan di Simpang Gudang Manggopoh, Simpang Maninjau, dan Matur. Sedangkan Pos Pelayanan di Pasar Lama Lubuk Basung, Muko-Muko, Linggai Park, Pantai Tiku, Puncak Lawang, atau Lawang Park. (OL-14)

Baca Juga

DOK MI

Jumlah Kasus Covid-19 Di DIY Melonjak

👤Agus Utantoro 🕔Jumat 25 Juni 2021, 00:12 WIB
Kamis (24/6), kasus baru covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta mencapai 791 kasus sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 55.463...
BPBD Wonogiri

Jumlah Pemakaman Dengan Protokol Covid-19 Di Wonogiri Melonjak

👤Widjajadi 🕔Jumat 25 Juni 2021, 00:00 WIB
PEMAKAMAN dengan protokol covid-19 di Wonogiri, Jawa Tengah, sepanjang 2021 ini...
ANTARA

RS Adam Malik Tambah Stok Oksigen

👤Yoseph Pencawan 🕔Kamis 24 Juni 2021, 23:54 WIB
RS Adam Malik, di Kota Medan, Sumatera Utara mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan kebutuhan tabung oksigen untuk pasien...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Talenta Muda Curi Perhatian

PIALA Eropa 2020 dipastikan telah menjadi ajang kemunculan pemain-pemain muda yang punya kemampuan mengejutkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya