Senin 03 Mei 2021, 18:27 WIB

Pemerintah Berupaya Atasi Kemiskinan di Tanah Papua

Faustinus Nua | Nusantara
Pemerintah Berupaya Atasi Kemiskinan di Tanah Papua

Antara
Sejumlah ibu menggendong bayi di Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

 

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menekankan bahwa penanggulangan kemiskinan di Papua dan Papua Barat masih menjadi prioritas pemerintah. 

Angka kemiskinan kedua provinsi yang di atas rata-rata nasional, merupakan tugas pemerintah untuk segera diatasi. "Memang masalah penanggulangan kemiskinan di Papua dan Papua Barat masih menjadi salah satu prioritas yang harus ditangani," ujar Muhadjir secara virtual, Senin (3/5).

Lebih lanjut, dia menjelaskan angka kemiskinan di Papua Barat mencapai 21,70% dan angka kemiskinan Papua sebesar 26,80%. Angka itu lebih tinggi dari persentase kemiskinan nasional, yakni 10,19% pada September 2020.

Baca juga: Wapres: Masih Banyak Masyarakat yang Rawan Pangan

Kemudian, usia harapan hidup di kedua provinsi juga masih rendah bila dibandingkan dengan rata-rata nasional. Namun, Muhadjir menyebut mulai ada perbaikan dalam beberapa tahun terakhir.

"Karena di Papua Barat, usia harapan hidup mencapai 66,2 tahun dan di Papua lebih rendah lagi 65,79 tahun. Sedangkan rata-rata nasional sudah masuk di angka 71,56 tahun," imbuhnya.

Baca juga: Masyarakat Adat Adukan Kasus Bupati Mimika ke KPK

Indikator tingkat kemiskinan lain juga masih jauh dari rata-rata nasional. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020, rata-rata lama sekolah di Papua Barat juga masih lebih tinggi dari Papua. Namun, angka itu jauh dibandingkan dengan rata-rata nasional.

"Rata-rata lama sekolah di Papua Barat sebesar 7,60%. Sedangkan Papua sebesar 6,69%. Angka rata-rata nasional masih jauh di atasnya, yaitu 8,48%," papar Muhadjir.

Begitu pula terkait akses terhadap sumber air di Papua dan Papua Barat yang juga masih rendah, yakni masing-masing  62,7% dan 79,69%. Sementara, rata-rata nasional sudah mencapai 90,21%. Untuk mengatasi persoalan kemiskinan, fokus pemerintah sangat intens, dengan pendekatan kesejahteraan menjadi prioritas.(OL-11)

 

 

Baca Juga

antaranews.com

Pemkot Makassar Hendak Bangun Apartemen Lorong di Pulau Terluar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 21:30 WIB
Pemerintah Kota Makassar  segera membangun 21 apartemen lorong (aparong) di Pulau Lanjukang, Kecamatan Sangkarrang yang juga merupakan...
MI/LILIEK DHARMAWAN

Lokawisata Baturraden Batasi Pengunjung, Prokes Diperketat

👤Liliek Dharmawan 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 21:10 WIB
Selain pengunjung diwajibkan mengenakan masker, jumlah wisatawan dibatasi maksimal hanya 15 ribu...
ANTARA/Irsan Mulyadi

Pengunjung Laporkan Penganiayaan dan Pungli di Lau Kawar

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 20:55 WIB
Penganiayaan itu terjadi saat korban dan keluarganya keberatan dengan uang kutipan masuk ke lokasi wisata yang dirasa terlalu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya