Selasa 27 April 2021, 11:06 WIB

Petani di Dupali Minta Pemerintah Bangun Embung

Gabriel Langga | Nusantara
Petani di Dupali Minta Pemerintah Bangun Embung

MI/Gabriel Langga
Lahan hortikultura seluas 69 hektare di Desa Dulipali, Kabupaten Flores Timur, NTT bila musim hujan terendam air, bila kemarau kekeringan.

 

PETANI di Desa Dulipali, Kecamatan Ile Bura, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur meminta pemerintah membangun embung di desanya karena setiap musim kemarau, petani harus membeli air untuk menyirami tanaman hortikultura. Sementara saat musim hujan, petani tidak bisa menanam hortikultura karena air selalu merendam lahan pertanian.

Yohanes Yan Bukan, petani asal Desa Dulipali mengatakan di musim hujan para petani tidak bisa menanam karena lahan 69 hektar yang siap ditanami hortikultura selalu terendam air

"Ada 69 hektar tanah ini terendam air. Airnya berasal dari gunung. Jadi air tertampung saja seperti di dalam kuali karena tidak ada pembuangan. Air itu meresap kemana kita juga tidak tahu," kata Yohanes saat ditemui mediaindonesia.com, Senin (26/4).

Yohanes yang juga anggota BPD mengatakan bahwa air hujabn harus ditangkap dengan ditampung di dalam embung. Untuk itu perlu dibangun embung agar air tidak terbuang percuma dan saat musim kemarau,masih ada cadangan air untyuk menyiram tanaman hortikultura.

"Kalau musim hujan kami tidak bisa tanam karena air setinggi lutut. Tunggu air kering dulu sekitar dua bulan baru kita tanam. Biasanya kita tanam hanya di musim kemarau saja di lahan seluas 69 hektar dengan membeli air lagi" ungkap dia.

baca juga:

Dia mengaku sejak lama para petani meminta kepada pemerintah untuk membangun embung bahkan sampai sudah ada kunjungan dari beberapa bupati ke lokasi ini. Namun sampai hari ini tidak pernah ada realisasi.

"Kita harap lewat media ini pemerintah bisa dengar aspirasi kami. Kita minta pemerintah bangun embung sehingga air ini bisa digunakan di musim panas oleh 10 kelompok tani untuk menanam tanaman holtikultura. Kalau tidak, tiap kali mau tanam kita harus beli air" tandas dia. (OL-3)

 

 

Baca Juga

 MI/Supardji Rasban

Usai Upacara HUT Kemerdekaan RI Warga Geruduk Balai Desa Terkait Asusila

👤 Supardji Rasban 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 17:30 WIB
USAI upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77, puluhan warga geruduk Balai Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong,...
MI/Adi Kristiadi

Mantan Napiter dan Kombatan Di Tasikmalaya jadi Petugas Pengibar Bendera

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 17:10 WIB
SEBANYAKk 75 orang mantan Narapidana Teroris dan Kombatan menjadi petugas dan pengibar bendera merah putih di HUT Kemerdekaan ke 77 di...
MI/Dwi Apriani

Bendera Merah Putih Raksasa Selimuti BKB Palembang

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 17:08 WIB
Bendera Merah Putih seluas 3.000 meter persegi dijahit langsung oleh 1.529 pelajar dalam lima hari. Lalu, dibentangkan di pelataran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya