Selasa 13 April 2021, 18:37 WIB

Pemkab Tuban Minta Pusat Percepat Proyek Pengendali Banjir

M Yakub | Nusantara
Pemkab Tuban Minta Pusat Percepat Proyek Pengendali Banjir

Humas Pemkab Tuban
Banjir di jalan pantura Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Januari 2021 lalu.

 

PEMERINTAH Kabupaten Tuban, Jawa Timur meminta Pemerintah Pusat melakukan percepatan pelaksanaan sejumlah proyek pengendali banjir di wilayahnya. Sejumlah proyek yang dimaksud yaitu penyelesaian Jabung Ring Dyke, Pengendalian Banjir Sungai Bengawan Solo Hilir, dan Pembangunan Waduk Jadi

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengungkapkan, pembangunan Jabung Dyke sangat dibutuhkan masyarakat utamanya yang tinggal di tepian sungai Bengawan Solo yang acap kali terdampak banjir. Banjir yang terjadi menimbulkan kerugian, diantaranya kerusakan jalan dan bangunan, serta gagal panen. "Hal ini semakin menyulitkan masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani," ungkapnya, Selasa (13/4).

Banjir di bantaran Bengawan Solo, kata dia, disebabkan faktor curah hujan dan pengaturan buka tutup pintu air di daerah hulu Sungai Bengawan Solo.

Ia menambahkan, keberadaan Waduk Jadi di Kecamatan Semanding diperlukan agar tidak terjadi banjir kiriman diseputaran Kecamatan Tuban, Semanding, dan Merakurak. Apalagi kawasan Desa Jadi, Kecamatan Semanding, dan sekitarnya merupakan daerah tangkapan hujan.

Dengan demikian, jika terjadi hujan deras di wilayah tersebut, akan menyebabkan banjir yang menggenangi Kecamatan Tuban, Semanding, Merakurak bahkan hingga kecamatan Jenu.

Selain ketiga proyek tersebut yang menunjang PSN, Hussein menekankan, agar BBWS Bengawan Solo dan pihak terkait memperhatikan kondisi Kali Kening yang melintasi sejumlah kecamatan di Kabupaten Tuban. Warga sekitar Kali Kening memanfaatkan sungai tersebut sebagai sumber irigasi pertanian. "Jika dulu dapat panen tiga kali dalam satu tahun namun saat ini hanya satu kali panen," terangnya. (OL-15)

Baca Juga

Antara

BNPB: Belum Ada Laporan Kerusakan dan Korban Akibat Gempa Nias

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 15:10 WIB
Masyarakat diminta menghindari bangunan retak atau rusak akibat guncangan gempa di wilayah Nias. Serta, memperhatikan informasi resmi...
MI/Apul Iskandar

Forum DAS: Alih Fungsi, Penebangan Hutan Penyebab Banjir Parapat

👤Apul √Ćskandar 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 13:21 WIB
Pemerintah harus dengan segera mencari solusi agar banjir bandang tidak terjadi...
MI/Martinus Solo

Kabupaten Sorong Raih Opini WTP 8 Kali

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 13:10 WIB
Bupati Sorong Johny Kamuru mengatakan hasil pencapaian opini WTP merupakan kerja sama yang bagus di bidang keuangan dari semua organisasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya