Kamis 08 April 2021, 21:21 WIB

Penyaluran Bantuan Korban Banjir Bandang di Adonara Terkendala

Gabriel Langga | Nusantara
Penyaluran Bantuan Korban Banjir Bandang di Adonara Terkendala

MI/Gabriel Langga
Bahan bantuan bagi korban banjir bandang dikumpulan di Kantor Camat Adonara Timur, sebelum didistribusikan.

 

PENYALURAN bantuan bagi korban banjir bandang di Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, mengalami kendala. Pasalnya, banyak korban memilih mengungsi ke rumah kerabat ketimbang di posko pengungsian yang dibangun pemerintah setempat.

Hal ini disampaikan pegawai Pemerintah Kecamatan Adonara Timur, Mohammad Molan Tokan. Ia mengatakan di Kecamatan Adonara Timur, ada dua desa dan satu kelurahan yang terdampak banjir bandang ini yakni Desa Waiburak, Desa Saosina dan Kelurahan Waiwerang Kota.

Menurutnya, tidak semua warga yang menjadi korban tinggal di posko pengusian. Padahal pemerintah telah menyiapkan posko untuk para pengungsi di beberapa titik yang ada di wilayah Kecamatan Adonara Timur.

"Bantuan yang ada di posko sebagian sudah kita distribusi kepada warga terdampak yang ada di wilayah Kecamatan Adonara Timur. Yang jadi kendala kita saat ini pendropingan bantuan kepada warga terdampak yang mengungsi di rumah rumah warga atau kerabat mereka yang tidak kena dampak banjir bandang ini. Ini yang menjadi kendala kita karena mereka ini tinggal tersebar di wilayah pulau Adonara," ujar dia.

Molan mengatakan sebagian warga di Adonara Timur yang terdampak bencana telah mendapat bantuan. Seperti di Desa Waiburak ada 354 jiwa, Desa Saosina, 63 jiwa, dan Kelurahan Waiwerang Kota ada 672 jiwa.

Ia mengaku bantuan yang diberikan kepada mereka terdampak itu selain sembako juga kita berikan berupa kasur, selimut dan lainnya juga. "Kita juga akan berusaha mendata warga terdampak yang mengungsi di rumah-rumah warga atau kerabat atau saudara mereka agar mereka juga dapat bantuan ini," ungkap Molan. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

PKB Bali Sosialisasi Tiga Prioritas Hasil Mukernas dan Munas Ulama

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 13 April 2021, 07:23 WIB
Ada tiga hasil utama Mukernas PKB dan Munas Alim Ulama yakni pendidikan, pertanian dan UMKM yang kini disosialisasikan kader PKB menjelang...
MI/Djoko Sardjono

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 72 Orang, 30 Sembuh

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 13 April 2021, 07:08 WIB
Kasus positif covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bertambah 72 orang, Senin (12/4). Namun, kali ini terdapat 30 pasien positif yang...
MI/Marcell Kelen

Jelang PON XX, Pemprov Papua Larang Warganya Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 06:58 WIB
Pemprov Papua akan memberikan sanksi bagi pemudik yang nekat melanggar larangan mudik Idul Fitri 1 untuk mencegah penularan covid-19....

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya