Selasa 06 April 2021, 15:35 WIB

Banjir Surut, Akses Jalan di Adonara Barat masih Terputus

Febrian Ahmad | Nusantara
Banjir Surut, Akses Jalan di Adonara Barat masih Terputus

Metro Tv/Ferdian Ahmad
Kapolsek Adonara Barat, Iptu Hery Raja

 

BANJIR Bandang melanda sejumlah lokasi di Nusa Tenggara Timur, kondisi terparah terpantau di Pulau Adonara, di Kabupaten Flores Timur.

Wilayah Kecamatan Adonara Barat yang semula tergenang banjir, kini sudah mulai surut. Sejumlah rumah warga, Kantor Polsek, Puskesmas, hingga gedung sekolah, yang semula terendam banjir, kini berangsur dibersihkan, agar dapat digunakan kembali.

Kapolsek Adonara Barat, Iptu Hery Raja mengungkapkan saat banjir menggenangi pemukiman, sebanyak 30 KK mengungsi di Polsek Adonara Barat.

“Lebih dari 30 KK yang mengungsi ke sini karena listrik juga saat itu mati, malahan belum menyala setelah empat hari mati,” ungkap Hery.

Baca juga: PUPR Lakukan Langkah Tanggap Darurat Bencana Banjir NTT dan NTB

Banjir di wilayah Adonara Barat tidak separah di Kecamatan Adonara Timur. Pada Senin (5/4) pagi, banjir mulai surut dan warga mulai kembali ke rumah masing-masing.

“Di Kecamatan Adonara Barat ini ada empat desa, yaitu Desa Waewadan, Desa Homa, Desa Waetukan, dan Desa Duanur. Semuanya (banjir) berangsur surut, tapi bantuan masih belum datang," kata Hery.

Kondisi ini berbanding terbalik jika dibandingkan dengan Kecamatan Adonara Timur. Wilayah Adonara Timur hingga kini masih tergenang banjir, dan masih dalam proses evakuasi.

Sulitnya mendatangkan bantuan ke Pulau Adonara dipengaruhi oleh cuaca yang hingga kini masih belum kondusif.  Selain itu, akses utama masuk ke Pulau Adonara ialah melalui Pelabuhan Larantuka, Flores Timur. (A-2)

 

Baca Juga

MI/TOSIANI

Menyulap Limbah Kayu Jadi Barang Perabot Berkualitas Tinggi

👤Tosiani 🕔Rabu 14 April 2021, 15:30 WIB
Semua barang perabotan rumah di unit usaha Kayuki dibuat dari limbah kayu jati belanda. Kayu bekas palet pengiriman barang dari luar negeri...
MI/Lina Herlina

Setelah Ekspor Rempah, Sulsel Ekspor Ikan Senilai Rp97 Miliar

👤Lina Herlina 🕔Rabu 14 April 2021, 15:20 WIB
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, kembali melepas ekspor salah satu komoditas di Sulsel. Rabu (14/4) dia meluncurkan program...
ANTARA/Luqman Hakim

Polda DIY Menangkap Dua Pelaku Perdagangan Satwa Dilindungi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 15:07 WIB
Petugas kepolisian melakukan penyamaran dengan berpura-pura menjadi pembeli. Saat melakukan transaksi, petugas langsung menangkap JR...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya