Kamis 25 Maret 2021, 11:07 WIB

2.339 ha Pasir Laut di Jepara Akan Dikeruk untuk Tanggul Laut

Akhmad Safuan | Nusantara
2.339 ha Pasir Laut di Jepara Akan Dikeruk untuk Tanggul Laut

ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Warga memunguti batu bara yang tercecer di sekitar pantai Sekembu, Mulyoharjo, Jepara, Jawa Tengah, Kamis (21/1/2021).

 

PASIR laut seluas 2.339 hektare di Balong Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah bakal dikeruk untuk penimbunan Tanggul Laut Tol Semarang-Demak. Pengerukan pasir laut seluas 2.339 hektare di perairan laut Utara Jawa Tengah ini dikhawatirkan akan merusak ekosistem yang ada. 

"Kami khawatir akan sulit mencari ikan lagi karena rencana pengerukan itu," kata Damiri,45, nelayan di Kecamatan Kembang, Jepara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara Elida Farikha mengatakan telah menerima pemberitahuan rencana pengerukan pasir laut di Balong tersebut dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pengerukan pasir laut yang akan digunakan untuk penimbunan Tanggul Laut Tol Semarang-Demak itu akan dikerjakan oleh PT Energi Alam Lestari yang ditunjuk sebagai pelaksana. 

"Analisis mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) masih dalam proses," imbuhnya.

baca juga: Rehabilitasi Bekas Penambangan Pasir

Sesuai dengan pemberitahuan itu pengambilan pasir laut akan dilakukan pada radius 6-9 mil dari bibir pantai dengan kedalaman 30 centimeter dengan sistem disedot menggunakan kapal isap Traking Suction Hopper Dregder selama tiga bulan.

"Dipilihnya lokasi pengambilan pasir laut di Balong ini karena dinilai pasir laut di sini memiliki kualitas paling baik untuk menimbun tanggul laut di daerah Sayung, Demak dan Kota Semarang bagian tersebut. Dalam rangka proses penyusunan AMDAL ini, pihak perusahaan dan pihak-pihak yang terkait dalam penerbitan AMDAL itu membuka aduan dan masukan dari masyarakat," ujar Elida Farikha.

Sementara itu, pemantauan lain proses pembangunan tol Semarang-Demak sepanjang 27 kilometer hingga kini terus berlangsung dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2022 mendatang yakni Seksi I sepanjang 10,69 kilometer Semarang-Sayung dan Seksi II sepanjang 16,31 kilometer Sayung-Demak. (OL-3)
 

Baca Juga

Ist

Banjir Rob di Jateng, Human Initiative Bagi Makanan Siap Santap dan Air Bersih

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 09:05 WIB
Di Kawasan Lamicitra Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, para pekerja dipulangkan sebagai antisipasi apabila debit air yang melimpas semakin...
 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jaswita Jabar Kembangkan Objek Wisata Baru di Ciwidey

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:40 WIB
Hejo Forest menyajikan wisata alam di Kabupaten...
MI/Ruta Suryana

240 Siswa PAUD dan Orangtua Berkolaborasi Ikuti Lomba Kreativitas

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:38 WIB
Pada acara ini ada 3 kegiatan yang dilombakan. Yakni Lomba Peragaan Busana ke Pura, Lomba Simulasi Berlian, dan Lomba Menyajikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya