Jumat 05 Maret 2021, 16:15 WIB

Festival Tenun Pacu Gairah Pariwisata NTT

Palce Amalo | Nusantara
Festival Tenun Pacu Gairah Pariwisata NTT

MI/Sumaryonto Bronto
Aktivitas perajin kelompok UP2K (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga) membuat tenun ikat oi nulun di Desa Mokantarak, Larantuka, Flores T

 

SEKRETARIS Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT) Alexander Koroh menilai festival tenun ikat yang digelar akhir bulan akan memberikan dampak positif terhadap kebangkitan pariwisata daerah itu.

"Kegiatan festival tenun ini membantu kami untuk rebound pariwisata NTT, kita optimistis melihat 2021 ke depan," kata Alexander Koroh di Kupang, Jumat (5/3).

Festival tenun ikat digelar Bank Indonesia Perwakilan NTT merupakan rangkaian dari kegiatan menuju iven besar gerakan Bangga Buatan Indonesia yang dijadwalkan digelar di Labuan Bajo, Manggarai Barat pada Juni 2021.

Menurutnya, badan pariwisata dunia telah memprediksi pariwisata perlahan bangkit, namun saat ini kasus covid-19 kembali naik yang mengakibatkan dunia pariwisata masih diliputi ketidakpastian.

Akan tetapi, adanya kegiatan akbar yang digelar di daerah, Dia yakin pariwisata secara perlahan kembali bangkit. Hal itu sejalan dengan prediksi IMF yang menyebutkan umumnya perekonomian dunia berangsur pulih tetapi sangat lambat.

Deputi Perwakilan BI NTT Daniel Agus Prasetyo mengatakan festival bangga dengan buatan Indonesia yang akan digelar di Labuan Bajo diharapkan melibatkan ratusan undangan dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). "UMKM dan pariwisata tidak bisa dipisahkan, saling terkoneksi dan terhubung," ujarnya.

Untuk kegiatan festival yang digelar di Kota Kupang, juga melibatkan UMKM, Dekranasda dan Kota Kupang dan Kabupaten Belu serta sejumlah rumah tenun. Kegiatan tersebut juga bertujuan melestarikan budaya menenun dan memulihkan ekonomi akibat pandemi covid-19. (OL-13)

Baca Juga: Tenun Ikat Sikka Dapat Hak Atas Kekayaan Intelektual

Baca Juga

Antara

Peredaran Narkoba Jaringan Lapas Bukittinggi Dibongkar

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 17 April 2021, 17:15 WIB
SATUAN Narkoba Polres Bukittinggi, Sumbar berhasil mengungkap kasus peredaran narkoba jaringan Lapas kelas II A...
Antara

Begini Skenario Pemprov Jateng Hadang Pemudik Lebaran 2021

👤Haryanto 🕔Sabtu 17 April 2021, 17:00 WIB
PEMERINTAH  Provinsi Jawa Tengah menyiapkan tiga skenario sebagai langkah antisipasi menyusul adanya pelarangan mudik pada 6-17 Mei...
MI/Dwi Apriani

Gubernur Sumsel Kawal Kasus Penganiayaan Perawat hingga Tuntas

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 17 April 2021, 16:45 WIB
KEPEDULIAN terhadap penganiayaan yang dialami Christina Ramauli Simatupang, 28, perawat RS Siloam Sriwijaya Palembang mendapat respon dari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya