Jumat 05 Maret 2021, 10:31 WIB

Anggaran Mitigasi Karhutla Jambi Rp33 Miliar

Solmi | Nusantara
Anggaran Mitigasi Karhutla Jambi Rp33 Miliar

MI/Solmi
Satu unit kendaraan dinas Polres Muaro Jambi difungsikan sebagai alat pemadam karhutla di Mapolres Muaro Jambi, Rabu (3/2/2021).

 

PEMERINTAH Provinsi Jambi mendapat dukungan anggaran dari DPRD untuk keperluan mitigasi pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berpotensi mengancam pada musim kemarau tahun ini. 

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto mengamini hal itu kepada wartawan, Jumat (5/3). Dia menyebutkan, tahun ini anggaran untuk karhutla mencapai Rp33 miliar, naik tiga kali lipat dari yang dialokasikan sebelumnya Rp8 miliar. Talangan dana untuk penanganan ancaman karhutla tersebut disepakati bersama dan dialokasikan pada Belanja tidak Terduga (BTT) APBD Jambi 2021.

"Bisa digunakan untuk penanganan karhutla di Jambi. Saya sudah bicarakan ini kepada BPBD Provinsi Jambi dan Kapolda Jambi," kata Edi. 

Dia menilai, sejatinya  penanganan karhutla di Jambi tahun 2020 oleh Tim Satgas Karhutla yang melibatkan TNI, Polri dan institusi pemeirntah daerah cukup berhasil.

baca juga: Ratusan Hektare Gambut Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil Terbakar

Sementara Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni menyebutkan, sama dengan tahun lalu, untuk kesiapan mitigasi dan pengendalian karhutla di Jambi tahun ini, sudah mengajukan permintaan lima unit helikopter ke Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni, yang nantinya akan diajukan ke BNPN pusat. Empat unit heli untuk water bombing, satu unit digunakan untuk patroli udara.

Pejabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni mengatakan potensi karhutla di Provinsi Jambi masih ada. Untuk mengatasi ini, dia meminta semua pihak harus bersinergi.

"Intinya kita mengantisipasi, bukan menunggu sampai adanya kejadian baru kita turun ke lapangan," katanya mengingatkan.(OL-3)
 

Baca Juga

MI/SUPARDJI RASBAN

Di Tengah Pandemi, Usaha SPBU Dinilai Masih Menguntungkan

👤Supardji Rasban 🕔Selasa 13 April 2021, 08:32 WIB
Di Kabupaten Brebes, masih banyak tempat yang masih memerlukan SPBU karena wilayahnya yang luas yakni nomor dua di Jawa Tengah, setelah...
MI/Heri Susetyo

Ribuan KTP Pelanggar Prokes Menumpuk di Kejari Sidoarjo

👤Heri Susetyo 🕔Selasa 13 April 2021, 07:57 WIB
Sebanyak 4.900 KTP warga yang terjaring razia protokol kesehatan (prokes) menumpuk di kantor Kejaksaan Negeri Sidoarjo karena tidak...
MI/Dok penjabat bupati Sabu Raijua

Terseret Badai Hingga Samudera Hindia, Dua Nelayan Selamat

👤Palce Amalo 🕔Selasa 13 April 2021, 07:45 WIB
Dua nelayan Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) terseret badai hingga Samudera Hindia, selamat atas bantuan sebuah pesawat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya