Selasa 02 Maret 2021, 18:25 WIB

Penyelundupan Ratusan Satwa Dilindungi Digagalkan

Faishol Taselan | Nusantara
Penyelundupan Ratusan Satwa Dilindungi Digagalkan

Ant
Petugas memberi makan burung Nuri Merah Maluku (Eos Bornea) di dalam kandang transit Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulsel

 

 

BALAI Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya bersama Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, mengamankan sebanyak 633 satwa liar berupa burung dan kura-kura. Barang yang disita tidak memiliki kelengkapan dokumen berupaya diselundupkan oleh pihak tidak bertanggung jawab ke Surabaya dari Makassar.

"Satwa-satwa liar itu dikemas dalam keranjang plastik dan kandang kawat, lalu disembunyikan dibelakang kursi sopir," kata Kepala Karantina Pertanian Surabaya Musyaffak Fauzi di Surabaya, Selasa (2/3).

Penyitaan dilakukan, dari hasil infomasi masyarakat yang melaporkan ada kiriman barang dari Makasar dimuat di Kapal Motor Dharma Rucitra yang berlayar dari Makassar.

Terdapat tiga truk di dalam kapal itu yang memuat ratusan satwa liar itu. Beberapa di antara satwa liar itu, menurut Musyafak, termasuk
apendiks I atau satwa yang dilindungi, tidak boleh diperdagangkan.

Secara rinci, 633 satwa liar itu terdiri dari enam ekor Kakaktua Jambul Putih, 19 ekor Nuri Tanimbar, 285 ekor kura-kura, 313 ekor Jalak Rio-Rio, dan 10 ekor Merpati Hitam Sulawesi. Nuri Tanimbar dan Kakatua Jambul Putih adalah jenis satwa yang dilindungi.

Musyafak menyebutkan, penggagalan ini bagian dari upaya mencegah Nuri Tanimbar dan Kakatua Jambul Putih dari kepunahan. "Pemasukan burung ini jelas melanggar Undang-Undang nomor 21 tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan," katanya.

Ada lima orang yang dipastikan akan diproses secara hukum. Mereka terancam pidana atau denda Rp 2 milar.(OL-13)

Baca Juga

MI/Koresponden

Ganjar: Dolanan Tradisional Bantu Siswa Cegah Radikalisme

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 11:51 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai permainan atau dolanan tradisional bisa membantu siswa sekolah tak berpaham...
MI/Lina Herlina

Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Ditargetkan Beroperasi 2023

👤Lina Herlina 🕔Rabu 14 April 2021, 11:43 WIB
Jalur Kereta Api Tran Sulawesi Makassar-Parepare akan memiliki panjang track 142 kilometer (km) dan 16...
MI/Depi Gunawan

Kapolda Jabar: Jangan Coba-Coba Curi Start Mudik!

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 14 April 2021, 11:00 WIB
"Polda dan instansi terkait sudah menyiapkan langkah antisipasi. Kurang lebih ada 338 pos penyekatan yang tersebar di seluruh wilayah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya