Jumat 26 Februari 2021, 16:00 WIB

Panen kali Ini, Petani Jagung di Bireun Bisa Tersenyum Lebar

Amiruddi AR | Nusantara
Panen kali Ini, Petani Jagung di Bireun Bisa Tersenyum Lebar

MI/Supardji Rasban
Panen jagung kali ini harga sangat bagus membuat petani jagung sangat gembira.

 

PETANI jagung di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh sejak awal tahun hingga sekarang bisa tersenyum gembira. Pasalnya, harga jagung pada musim panen kali ini sangat bagus.

Dari amatan Media Indonesia, Jumat (26/2) di Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, misalnya harga biji jagung kering panen mencapai Rp4.500 per kg. Harga tersebut naik dari sebelumnya yang dipatok Rp3.800 per kg.

Itu sebabnya petani semakin bersemangat beraktivitas dan memanen hasil produksi bahan baku pakan hewan tersebut. Apalagi saat menghadapi panen raya mulai akhir Januari lalu.

Salah satu petani setempat, Husaini M Yusuf mengatakan, harga biji jagung kering Rp4.500 per kg sudah sesuai dengan biaya yang mereka keluarkan. Bahkan keuntungan yang mereka peroleh sudah tergolong lumayan.

"Ini sudah lumayan dibanding pada akhir tahun 2020 lalu yang hanya Rp3.800 per kg. Tapi pada tahun lalu pernah harganya mencapai Rp5.000 per kg sehingga semangat petani berlomba menanam jagung" kata Husaini.

Husaini berharap, pemerintah perlu mengontrol kestabkestabilan. Terutama yang sesuai dengan ongkos kerja dan biaya modal petani. Jangan terjadi permainan pasar.

Hasil produksi jagung di kawasan setempat berkisar 4 hingga 5 ton per ha. Dalam setahun petani biasanya bisa memproduksi dua kali panen. Setiap kali panen yaitu selama 4 bulan.

Adapun lokasi lahan jagung di kawasan setempat tersebar di Kecamatan Juli, Jempa, Peusangan Siblah Krueng dan Peusangan Selatan. Kemudian di Kecamatan Jeunib, Plimbang dan Kecamatan Peudada. (OL-13)

Baca Juga: Petani Gagal Panen karena Sawah Terendam Banjir

Baca Juga

MI/Kristiadi

Ratusan Sepeda Motor Dipaksa Putar Balik di Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Minggu 09 Mei 2021, 06:53 WIB
Ratusan kendaraan bermotor itu diperintahkan berputar balik karena pengendaranya tidak bisa menunjukkan keterangan bebas covid-19 berupa...
MI/Sumaryanto Bronto

Danau Kelimutu Ditutup Bagi Wisatawan saat Lebaran 2021

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 09 Mei 2021, 01:30 WIB
Danau Kelimutu tiga warna yang ada di Woloara, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT ditutup bagi wisatawan domestik dan mancanegara saat...
MI/Adi Kristiadi

Malam Ini Ratusan Kendaraan Pemudik Diputar Balik di Gentong

👤Kristiadi 🕔Minggu 09 Mei 2021, 01:10 WIB
RATUSAN sepeda motor dari arah Bandung menuju Tasikmalaya, diminta putar balik oleh petugas gabungan di pos penyekatan Gentong, Kecamatan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Gelombang Ketiga Covid tidak Terhindarkan di India

Varian baru ialah faktor penyebab di balik gelombang kedua yang ganas di negara itu dengan kemungkinan lebih banyak muncul.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya