Jumat 26 Februari 2021, 01:45 WIB

Kejari Tasikmalaya Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Bansos

Kristiadi | Nusantara
Kejari Tasikmalaya Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Bansos

DOK MI
Ilustrasi

 

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), melakukan penyelidkan atas dugaan adanya pemotongan bantuan sosial (Bansos) pada 14 yayasan atas lembaga pendidikan keagamaan.

"Dari hasil perhitungan sementara dana yang dipotong mencapai Rp2 miliar. Tapi masih ada 200 yayasan yang dapat bantuan sosial sampai sekarang belum melaporkan," kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tasikmalaya M Syarif, Kamis (25/2).

Syarif mengatakan, di Kabupaten Tasikmalaya, terdapat 217 lembaga atau yayasan yang menerima menerima bantuan sosial dari Provinsi Jabar tahun anggaran 2020. Menurutnya, dalam masih ada yayasan atau lembaga penerima bantuan yang mau bicara sepenuhnya.

Sementara, Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tasikmalaya, Asep Abdul Ropik mengatakan lembaga pendidikan keagamaan telah menjadi korban pemotongan dana bantuan sosial Provinsi Jabar tahun anggaran 2020. Pemotongan dilakukan oknum yang mengaku sebagai fasilitator terjadi di Kecamatan Cigalontang, Sukaraja, Sukarame, Sodonghilir dan Cibalong.

"Pemotongan dana Bansos dilakukan setelah yayasan pendidikan keagamaan menerima pencairan dan oknum petugas yang mengaku sebagai fasilitator itu meminta jatah sebesar hingga 60 persen dari jumlah bantuan. Mereka juga  meminta jatah tambahan ke setiap lembaga penerima bantuan sebesar Rp5 juta dengan alasan untuk penggantian biaya transportasi hingga Laporan pertanggung jawaban," jelasnya.

 

Baca Juga

Dok. PABOI

PABOI Bantu Korban Bencana NTT yang Patah Tulang Belakang

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 13 April 2021, 23:41 WIB
Tim Tanggap Bencana Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) hingga kini masih bertugas di lokasi bencana...
wdrfree.com

Sulawesi Utara Diguncang Gempa Tektonik Bermagnitudo 5,2

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 23:29 WIB
Gempa tektonik dengan magnitudo 5,2 yang berpusat kira-kira 135 kilometer tenggara Kota Bitung, Sulawesi Utara, Selasa pukul 22:47:31 WIB,...
ANTARA

Banyumas dan Kebumen Antisipasi Warga Yang Nekat Mudik

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 13 April 2021, 21:45 WIB
POLRESTA Banyumas dan Polres Kebumen mendirikan pos pemantauan untuk mengantisipasi warga yang nekat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya