Jumat 29 Januari 2021, 20:52 WIB

Pemprov Kalsel Raih Penghargaan dari LAPAN

Denny S | Nusantara
Pemprov Kalsel Raih Penghargaan dari LAPAN

DOK Pemprov Kalsel
Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor (kanan).

 

PEMERINTAH Provinsi Kalsel melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) berhasil meraih pengharhaan dari pemerintah pusat. Bappeda menerima penghargaan 'Tri Indriya Mandrawa' dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Sebelumnya Pemprov Kalsel juga meraih penghargaan Bhumandala Award dari pemerintah pusat. Penghargaan diserahkan saat Rapat Koordinasi Nasional Citra Satelit Penginderaan Jauh 2021 yang dilaksanakan secara virtual, pada hari Rabu, (27/1).

Acara ini dihadiri Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia, Profesor Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro sebagai pembicara kunci dan dihadiri oleh perwakilan para pemangku kepentingan dari Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, dan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi, dan lainnya.

Penghargaan Tri Indriya Mandrawa tersebut diserahkan oleh Kepala LAPAN, Prof Thomas Jamaluddin kepada Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Nurul Fajar Desira sebagai pengguna informasi penginderaan jauh terbaik ketiga pada kategori pemerintah provinsi.

Dalam acara ini, LAPAN juga menyerahkan Data Mozaik Citra Satelit Landsat 8 Tahun 2019-2020, Citra Satelit Spot 6 dan 7 Tahun 2019-2020, dan Citra Satelit Pleiades Tahun 2020 kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan. Tema diusung pada kegiatan tersebut adalah  'Inovasi Pemanfaatan Teknologi Satelit Penginderaan Jauh untuk Perencanaan Kota, Pemantauan Hutan dan Kebencanaan'.

Nurul Fajar Desira mengungkapkan penghargaan 'Tri Indriya Mandrawa' diberikan kepada Bappeda Provinsi Kalsel karena dianggap aktif berkolaborasi dengan LAPAN dalam penyediaan, pengolahan dan pemanfaatan data penginderaan jauh untuk menganalisa berbagai permasalahan dan sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam perencanaan berbasis kewilayahan di Provinsi Kalsel.

“Khususnya terkait permasalahan kerawanan bencana seperti banjir dan karhutla, serta permasalahan tata ruang dan tutupan lahan,” ujar Fajar.

Bappeda Kalsel juga telah menerima data penginderaan jauh dalam rangka mengidentifikasi genangan banjir yang terjadi pada Tahun 2020 maupun yang baru terjadi pada awal 2021. “Sehingga, pada 2021 akan diprioritaskan akuisisi Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi (CSRST) untuk penanganan wilayah terdampak parah akibat banjir,” kata Fajar.

Selain itu Bappeda juga telah mengintegrasikan Geoportal dengan pangkalan data LAPAN, sehingga data hasil penginderaan jauh dapat dilihat langsung melalui Web GIS Geoportal Kalimantan Selatan.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengungkapkan syukur atas prestasi nasional yang diberikan sejumlah lembaga dan kementerian. Dikatakan Sahbirin Noor, apa yang diraih pemerintah provinsi merupakan cerminan dari kinerja SKPD.

Faktor lain berandil dari sebuah prestasi adalah harmonisasi antara stakeholder yang terjalin selama ini. Kendati demikian, lanjutnya, prestasi yang telah diraih bukan sesuatu akhir dari sebuah karya untuk rakyat. "Paling terpenting adalah bagaimana prestasi tersebut mampu memberikan manfaat yang maksimal untuk rakyat," tandasnya. (Hms/DY/OL-10)

Baca Juga

MI/Widjajadi

Takbir Keliling Terjadi di Kawasan Dalam Benteng Keraton Surakarta

👤Widjajadi 🕔Kamis 13 Mei 2021, 00:06 WIB
Usai salat tarawih, Rabu (12/5), jemaah masjid di kawasan permukiman Baluwarti yang berada di dalam benteng Keraton Surakarta melakukan...
ANTARA/Raisan Al Farisi

Sengketa Ketenagakerjaan, PT Masterindo Jaya Abadi Ajukan Kasasi

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 12 Mei 2021, 22:55 WIB
Perusahaan sudah mengajukan kasasi ke MA karena ada diktum yang tak...
Antara

Jelang Lebaran, 431 Ribu Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatera

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 12 Mei 2021, 21:36 WIB
Hingga Selasa (11/05), tercatat total 519 kendaraan yang diputarbalikan dari 3.840 kendaraan yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya