Selasa 26 Januari 2021, 00:15 WIB

Cuaca Buruk Berpeluang Terjadi di Perairan Flores

Gabriel Langga | Nusantara
Cuaca Buruk Berpeluang Terjadi di Perairan Flores

ANTARA
Ilustrasi

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Fransiskus Xaverius Seda, Nusa Tenggara Timur memperkirakan gelombang tinggi akan melanda perairan Flores dalam beberapa hari kedepannya. Para nelayan diingatakan untuk mewasapdi gelombang tinggi saat melaut.

Demikian disampaikan, Kepala Stasiun Meteorologi Fransiskus Xaverius Seda, Ota Welly Jenni Thalo, Senin (25/1). Menurut dia, potensi gelombang tinggi di wilayah perairan utara Laut Flores berlaku selama tiga hari ke depan. Pada 26 Januari 2021, tinggi gelombang diperkirakan antara 1,25 meter hingga 2,5 meter dan kecepatan angin berkisar 8 hingga 25 knot. Sedangkan pada 27-28 Januari 2021, potensi tinggi gelombang dengan berkisar 2,5 meter hingga 4.0 meter dengan kecepatan angin antara 8 hingga 25 knot.

"Beberapa hari kedepan ini, wilayah perairan Flores diperkirakan gelombang lautnya sangat tinggi bisa mencapai 4 meter. Gelombang ini sangat bahaya bagi nelayan terutama nelayan yang memiliki kapasitas kapal 7 GT ke bawah," papar Ota Thalo ini.

Dia mengatakan nelayan yang ada di perairan laut Flores yang meliputi beberapa kabupaten yang ada di pulau Flores untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem yang memicu gelombang laut meningkat yang diperkirakan bisa mencapai 4 meter. Kondisi ini akan sangat berbahaya bagi nelayan-nelayan yang menggunakan perahu kecil.

Ota Thalo ini juga meminta kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar daerah yang berpeluang terjadi gelombang juga harus waspada. "Sekali lagi saya mengingatkan kembali agar nelayan maupun kapal-kapal motor kecil untuk lebih hati-hati saat beraktivitas di laut untuk beberapa hari kedepan," pungkas dia. (OL-15)

Baca Juga

MI/Widjajadi

Gibran-Teguh Percepat Vaksinasi untuk Manula dan Pedagang Pasar

👤Widjajadi 🕔Senin 01 Maret 2021, 15:53 WIB
Dua hari sebelum menginjak kantor di Balaikota, duet Gibran-Teguh, sepanjang Sabtu-Minggu ( 27-28/2), memantau pelaksanaan vaksinasi untuk...
MI/Supardji Rasban

PMI Salurkan Bantuan Korban Terdampak Bencana di Jateng

👤Supardji Rasban 🕔Senin 01 Maret 2021, 15:45 WIB
SEKRETARIS Jenderal Palang Merah Indonesia Sudirman Said, meninjau dan menyalurkan bantuan ke  sejumlah tempat yang dilanda bencana...
ANTARA FOTO/Moch Asim

Muncul Klaster Ziarah, Banyumas Perketat Lagi Peribadatan & Pasar

👤Lilik Dharmawan 🕔Senin 01 Maret 2021, 15:35 WIB
Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan dari laporan-laporan yang masuk ada kecenderungan mengenai mulai longgarnya prokes di dua lokasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya